Sambut Ramadhan 1442 Masyarakat Barus Tapteng Gelar " Mamogang " 12 April

KBRN, Barus :  Salah satu kearifan lokal atau tradisi masyarakat Barus Tapanuli Tengah, yang sudah ada sejak dahulu yakni Satu hari menjelang masuknya awal Ramadhan tepatnya pada 12 April 2021  akan menggelar acara " Mamogang" yaitu sebuah acara tradisi atau budaya masyarakat Barus melaksanakan penyembelihan hewan ternak kerbau secara massal berlokasi dipinggiran sungai Sirahar desa Kampung Mudik dibawah jembatan Hamzah Alfansuri Kecanatan Barus Tapanuli Tengah. 

Penetapan jadwal Mamogang ini diputuskan dalam musyawarah Forkopimka ,KUA serta MUI  Kec.Barus bersama para Kepala desa tokoh masyarakat yang berlangsung di Aula kantor Camat Barus Rabu 7/4-2021.

" Berhubung kita masih berada dalam situasi Pandemi Covid -19 ,namun tradisi yang sudah membudaya mengadakan acara Mamogang menyambut Ramadhan ini tetap dilaksanakan, dan kita tetapkan hari Mamogang pada 12 April 2021 dan kami menghimbau pelaksanaannya tetap mematuhi Protokol Kesehatan ,semua pihak harus tetap sama-sama menjaga dan saling mengingatkan " himbau Camat Barus Wirdan Pasaribu.

Dalam pertemuan itu diputuskan berbagai ketentuan yang harus dipatuhi antara lain kerbau yang akan dipotong dinyatakan sehat setelah melalui peneriksaan kesehatan hewan oleh petugas, kemudian setiap hewan kerbau yang akan dipotong diberi tanda khusus dengan cat warna putih disebelah kanan bagian badan kerbau.

Sedangkan teknis penyembelihan dimulai sejak pukul 03 pagi Senin 12 April 2021 dan petugas yang melakukan penyembelihan adalah nazir atau imam masjid yang sudah ditunjuk oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kec,Barus. 

" Dalam forum ini kita sepakati setiap ternak harus dipotong dilokasi yang sudah ditetapkan dan tidak dibenarkan dipotong di luar area apalagi daging yang dibawa dari luar,acara ini akan dikoordinir oleh Forkopimka Barus ,KUA dan MUI kec,Barus." tutup Camat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00