Musim Panas Landa Sibolga, Warga Ramai Beli Kipas Angin

KBRN, Sibolga, Musim kemarau yang melanda Kota Sibolga memberikan keuntungan bagi pedagang barang eletronik. Pasalnya, belakangan ini minat warga membeli kipas angin menjadi meningkat.

Salah seorang pemilik toko elektronik bernama Robin, di Jalan Suprapto, Sibolga, mengaku, barang elektronik jenis kipas angin miliknya banyak yang terjual.

Menurutnya, hal ini berkaitan dengan kondisi cuaca panas yang berlangsung sejak beberapa pekan terakhir.

“Belakangan, banyak yang minta kipas angin. Mungkin karena cuaca panas ini,” ujar Robin, Jum’at (19/2/2021).

Irma, yang ditemui RRI di lokasi toko elektronik menuturkan, ia membutuhkan kipas angin untuk mengurangi hawa panas saat berada di dalam rumah.

“Sudah beberapa minggu ini panasnya kelewatan, kalau tidur malam gak enak, anak-nakpun gerah. Makanya dibeli kipas angin,” ucapnya.

Terkait kondisi cuaca, Prakirawan Cuaca Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tapanuli Tengah, Anindya Maharani mengatakan, wilayah Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah saat ini tengah mengalami penurunan masa udara.

Dengan berkurangnya masa udara, maka pembentukan awan kumulonimbus akan sulit terjadi untuk proses turunnya hujan.

“Di Februari ini sebenarnya wajar kalau curah hujannya menurun. Cuma, yang terjadi sekarang benar-benar sangat kecil curah hujannya. Karena, masa udara faktor penyebab turunnya hujan itu banyak terbawa ke Pulau Jawa,” terang Anindya melalui telepon seluler.

Anindya menyebut, cuaca panas di Sibolga dan Tapteng diperkirakan akan berlangsung hingga akhir bulan Februari 2021.

“Mungkin di Maret curah hujannya mulai meningkat. Tapi, tidak setiap hari akan hujan seperti di bulan Desember (2020) hingga Januari (2021),” imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00