Kadinsos Sibolga Bantah Dapat Perintah Dukung Paslon Pilkada

KBRN, Sibolga: Kepala Dinas Sosial Kota Sibolga, Bustanul Arifin membantah tudingan bahwa dirinya mendapat perintah untuk mengarahkan dukungan warga penerima program bantuan sosial kepada pasangan calon tertentu peserta Pilkda.

Tudingan itu berasal dari pernyataan Ketua DPRD Sibolga, Akhmad Syukri Nazri Penarik dalam konferensi pers, Selasa (1/12/2020) sore, di ruang rapat Kantor DPRD. 

“Itu tidak benar. Kami juga tidak pernah menerima arahan apapun dari pimpinan agar mendukung salah satu paslon, karena memang susai dengan Undang-undang bahwa ASN atau PNS tidak boleh ikut dalam politik praktis,” ujar Bustanul didampingin petugas pendamping penerima program bantuan sosial, di kantor Dinas Sosial Sibolga, Rabu (2/12).

Dijelaskan, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan program milik Pemerintah pusat untuk daerah.

Selanjutnya Pemerintah Daerah dapat mengajukan data warga miskin ke Kementrian Sosial, untuk ditetapkan sebagai penerima bantuan setelah melalui proses validasi (pembuktian) kesesuaian data dan fakta.

“Programnya program nasional, yang mencairkan juga dari pusat langsung ke rekening penerima bantuan. Jadi, kami tidak bisa membatasi dan mengintimidasi hak politik warga,” tegas Bustanul.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00