Kepala Daerah Boleh Ikut Kampanye Paslon Pilkada di Hari Libur

KBRN, Sibolga : Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sibolga, Zulkifli Sigalingging memberikan penjelasan soal keterlibatan Kepala Daerah mendukung pasangan calon (Paslon) Pilkada.

Dikatakan, Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah diperbolehkan ikut serta kegiatan kampanye Paslon di luar hari kerja tanpa harus mengajukan izin cuti.

Semisal kegiatan kampanye dilaksanakan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Hal ini, tertuang dalan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor 273 Tahun 2020 tentang penegasan dan penjelasan terkait pelaksanaan Pilkada serentak.

“Izin cuti tidak perlu diajukan, apabila dilaksanakan kampanyenya di hari libur,” terang Zulkifli di kantornya, Selasa (20/10).

Kemudian, Zulkifli menjelaskan, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah memiliki hak mengajukan izin cuti melakukan kampanye paslon Pilkada.

Cuti diberikan paling lama satu hari kerja dalam setiap minggu selama masa kampanye.

Proses pengajuannya disampaikan kepada Gubernur, untuk Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah tingkat Kabupaten dan Kota.

Sementara, Gubernur dan Wakil Gubernur ditujukan langsung kepada Mendagri.

Sebagai persyaratan, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di masing-masing tingkatan harus non aktif dari tugas jabatan selama menjalani masa cuti.

Dan, permintaan cuti diajukan selambatnya dua belas hari kerja sebelum pelaksanaan kampanye diikuti.

Selain melampirkan jadwal dan lokasi kampanye, serta surat keputusan (SK) dari DPP atau DPD partai politik, yang menyatakan pemohon terlibat sebagai tim kampanye.

“Bila Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah mengajukan izin cuti dengan waktu yang bersamaan, maka Mendagri atau Gubernur akan menugaskan Sekretaris Daerah untuk melaksanakan tugas sehari-hari Kepala Daerah,” jelas Zulkifli.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00