ABADI Hadir Mendaftar Kerena KPU Sampaikan Hasil Negatif Covid

KBRN, Sibolga : Ketua DPD Partai Golkar Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori memberikan penjelasan terkait kehadiran pasangan Bahdin Nur Tanjung dan Edi Polo Sitanggang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai bakal calon Kepala Daerah.

Ia menyebut, pasangan berjuluk ABADI itu sebelumnya tidak mengetahui terkonfirmasi positif Covid-19.

Bahkan juga seblumnya KPU menyampaikan surat keterangan hasil tes Covid kepada Bahdin-Edi, yang menyatakan keduanya negatif terinfeksi.

Hal ini kemudian menjadi alasan Bahdin-Edi secara langsung menyerahkan berkas pendaftaran ke rumah pintar KPU, Jum'at (4/9), di Jalan S. Parman, Sibolga.

“Dalam persyaratan telah diumumkan, bahwa Bahdin itu hasilnya negatif. Dan, yang mengumumkan adalah KPU,” ujar Jamil, saat akan mengikuti rapat di Kantor Wali Kota Sibolga, Senin (7/9/2020).

Selaku ketua tim koalisi partai pengusung Bahdin-Edi, Jamil juga menyesali sikap KPU Sibolga, yang tidak menyampaikan ralat hasil tes Covid Bahdin Nur sebagaimana mestinya.

Melainkan dipublikasi pada saat KPU menerima pendaftaran bakal calon lainnya.

“Ini bisa merugikan bakal calon. Harusnya disampaikan atau disurati bahwa ada kesalahan, dan tidak diumumkan pada saat pendaftaran bakal calon yang lain,” tegasnya.

Menanggapi hal ini, Ketua KPU Sibolga, Khalid Walid mengakui adanya kesalahan penyampaian informasi hasil tes Covid milik Bahdin Nur.

Ia menyebut, hal ini dikarenakan ketidak pahaman KPU Sibolga mengetahui isi surat keterangan hasil tes Covid tersebut, yang diperoleh dari Rumah Sakit Adam Malik, Medan.

“Kita (KPU) kan bukan orang medis. Ya, mungkin itu kesalahan kita juga dalam membaca hasil dari pemeriksaan kesehatan,” sebut Khalid.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00