Pemkab Tapteng Lakukan Berbagai Terobosan Mewujudkan Ketahanan Pangan

KBRN, Tapteng : Dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan didaerah ini ditengah pandemi Covid -19 yang hingga kini belum berakhir, Pemkab Tapanuli Tengah terus melakukan berbagai terobosan dan mendorong masyarakat agar mau memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami dengan tanaman yang bisa menghasilkan, pertanian harus dimulai dari rumah masing -masing, apalagi jika hal itu dilaksanakan secara mandiri oleh masyarakat. Hal itu disampaikan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani belum lama ini.

Dalam upaya mendukung ketahanan pangan tersebut, Bupati Tapteng sudah membagikan benih padi kepada kelompok tani di tiga kecamatan sebanyak 45,625 kg benih padi.

Sebaran benih padi yang sudah disalurkan itu kec.Barus 21.550 kg kepada 38 kelompok dengan luas lahan 826 Ha, kecamatan Sosor gadong 23.125 kg untuk 39 kelompok luas lahan 925 Ha dan Kec.Barus Utara 7.650 kg untuk 13 kelompok dengan luas lahan 306 Ha.

” total benih padi yang akan kita salurkan di Kabupaten Tapanuli Tengah sebanyak 72.500 kg atau sekitar 72,50 ton dengan luas lahan 2.900 Ha kata Bupati “.

Dalam menindaklanjuti himbauan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, Pimpinan Pertanian Kecamatan (PPK) Kec.Barus Utara Wadner Samosir kepada RRI mengatakan sudah menjembatani terbentuknya Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiri desa Siharbangan kec Barus Utara.” KWT ini beranggotakan 33 orang dan sudah mendapatkan injeksi dana dari Kementerian Pertanian sebesar Rp 60 juta rupiah dengan kegiatan pembuatan rumah kaca kebun percontohan serta pemanfaatan lahan lokasi pekarangan rumah warga ” ujarnya.

Terpisah penyuluh pertanian lapangan BPP Sipodang Sahnan Sihotang menambahkan belum lama ini kelompok tani Sejahtera Kelurahan Sosorgadong telah melaksanakan panen perdana padi Siganteng dari lahan seluas 10 Ha dengan potensi lahan seluas 25 Ha dengan produktivitas Gabah Kering Panen (GKP) 7,84 ton perhektar ” dikecamatan Sosorgadong ini pun sudah terbentuk Kelompok Wanita Tani ” tandasnya.Kemudian diareal persawahan desa Gabungan Hasang kecamatan Barus sudah dilakukan penyemprotan massal dengan luas lahan 25 Ha dalam upaya pengendalian hama Blast.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00