Kelompok Tani Sejahtera Sosorgadong Tapteng Panen Padi Siganteng

KBRN, Tapteng : Kelompok Tani Sejahtera Kelurahan Sosorgadong Kecamatan Sosorgadong Tapanuli Tengah Kamis 2/7-2020 melaksanakan panen Perdana padi Siganteng musim tanam (MT) I tahun 2020. Panen pengubinan padi Siganteng ini merupakan demplot penanaman padi organik yang diselenggarakan Kelompok Tani Sejahtera bersama Penyuluh pertanian BPP Sipodang, Pimpinan Pertanian Kecamatan (PPK) serta Babinsa Koramil 01 Kecamatan Barus.

Penyuluh Pertanian Lapangan BPP Sipodang Sahnan Sihotang, SP didampingi PPK Sosorgadong Jodoyo Simanjuntak usai mengikuti panen padi Siganteng kepada RRI menjelaskan, hasil panen pengubinan yang diperoleh saat ini dengan produktivitas 7,84 ton per hektar dengan harga jual Gabah Kering Panen (GKP) Rp 4.600.-

" kegiatan panen padi Siganteng yang kita adakan adalah dalam upaya mendukung swasembada Pangan secara Nasional dan padi Siganteng ini merupakan varietas lokal dengan umur tanaman 100 hingga 110 hari, luas lahan yang di panen 10 Ha dan potensi panen seluas 25 Ha " terangnya.

Sahnan berharap hasil panen seperti ini akan tetap dipertahankan sesuai harapan kita bersama, kiranya bibit lokal padi Siganteng akan menjadi bibit Unggul diwilayah kecamatan Sosorgadong khususnya Dan Kabupaten Tapanuli Tengah secara umum dalam mencapai swasembada Pangan secara Nasional.

Sahnan juga menambahkan bahwa Kementerian Pertanian RI melalui Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian telah menetapkan padi Siganteng asal Mandailing Natal ini sebagai varitas unggulan. "

" penetapan padi Siganteng menjadi unggulan dilakukan oleh Kementerian Pertanian RI di Jakarta pada 22 Januari 2019 dengan tanda daftar varitas tanaman lokal nomor : 1007/PVL/2019" pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00