Disdik Provsu Buka Pendaftaran Online PPDB SMA dan SMK TA 2020

KBRN, Sibolga : Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Disdik Provsu) telah membuka secara online pendaftaran peserta didik baru (PPDB) Tahun ajaran (TA) 2020, untuk jenjang pendidikan SMA dan SMK Negeri.

Ketua panitia PPDB online jenjang SMA dan SMK Negeri se-Sumatera Utara (SUMUT), Alfian Hutauruk menjelaskan, calon peserta didik dapat mendaftar melalui website resmi milik Disdik Provsu http://ppdb.disdik.sumut.go.id atau melalui aplikasi PPDB SUMUT di Playstore.

Tersedia lima jalur pendaftaran bagi peserta didik, yakni jalur zonasi, perpindahan tugas orangtua, Afirmasi (khusus peserta didik berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu), jalur prestasi akademik dan non akademik.

“Jalur afirmasi itu minimal 15 persen, dan boleh diterima kalau ada pendaftar melebihi dari jumlah itu, yang penting dia punya bukti Kartu Indonesia Pintar (KIP), terdaftar PKH. Sendainya itu tidak ada, bisa diminta surat keterangan dari Dinas Sosial Kabupaten Kota, yang menyatakan terdaftar sebagai penerima manfaat program jaring pengaman sosial dari Kementerian,” kata Alfian, dihubungi melalui telepon seluler, Selasa (26/5/2020).

Dikatakan, pada dasarnya tidak ada perubahan aturan dan persyaratan PPDB saat ini dengan tahun sebelumnya. Hanya saja, ada penurunan kuota (jatah) hingga 50 persen khusus pendaftar jalur zonasi. “Bedanya cuma persentasenya aja, kalau dulu zonasi hampir 90 persen,” jelasnya.

Diimbau, peserta didik maupun orangtua sebaiknya terlebih dahulu mempelajari dengan teliti petunjuk pendaftaran agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan pengisian data.

Dan bila ditemukan pemalsuan data, akibatnya hak anak akan gugur untuk diterima menjadi peserta didik di sekolah tujuan.

"Karena ada SPTJM (Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak). Jadi, tolong dipelajari dulu, mumpung waktu masih ada waktu,” tegasnya.

Berikut ini jadawal pendaftarannya. Tanggal 26 Mei hingga 8 Juni dibuka pendaftaran SMA jalur prestasi akademik dan non akademik, perpindahan tugas orangtua dan Afirmasi. Serta untuk SMK jalur zonasi, prestasi, perpindahan tugas orangtua dan Afirmasi.

Dan tanggal 10 Juni diumumkan kelulusan masing-masing jalur baik SMA maupun SMK, yang kemudian mendaftar ulang pada tanggal 11 hingga 16 Juni.

Selanjutnya, tanggal 19 hingga 27 Juni jadwal pendaftaran SMA jalur zonasi. Setelah diumumkan lulus seleksi jalur zonasi tanggal 29 Juni, peserta didik mendaftar ulang tanggal 30 Juni hingga 6 Juli.

Pendaftaran dibagi tiga tahapan dengan pengelompokan beberapa Cabang Dinas (Cabdis) Provinsi di Kabupaten dan Kota, beserta Daerah yang termasuk dalam lingkungan kerja masing-masing Cabdis.

Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, masuk dalam tahap pertama pendaftaran pada tanggal 26 Mei.

Demikian juga dengan beberapa Daerah lainnya, yakni Kota Pada Sidimpuan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Madina, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00