Kadis Dukcapil Sibolga "tidak ada pungutan biaya untuk pengurusan dokumen kependudukan"

KBRN, Sibolga : Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga Mestika Helm Juliana Hutagalung, SE, MM menegaskan tidak ada pungutan biaya yang dikenakan kepada masyarakat saat melakukan pengurusan dokumen kependudukan seperti KTP dan KK.

"Saya tegas kan pada hari ini, tidak ada sepersen pun pungutan biaya untuk masyarakat yang mengurus dokumen di dukcapil ini. Semua gratis. " ungkap Mestika saat dikonfirmasi rrri.co.id di ruang kerjanya, Jl. Tongkol. Selasa, (28/06/2022). 

Pada kesempatan itu, dirinya juga menghimbau masyarakat untuk melapor ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga jika menemukan adanya oknum yang meminta uang saat pengurusan dokumen kependudukan. 

“Apalagi mengatas namakan Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kota Sibolga silahkan secepatnya laporkan kepada kami," tambahnya.

Sementara untuk mempercepat pengurusan dokumen kependudukan itu kata Mestika, masyarakat harus melengkapi seluruh persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan dalam pengurusan dokumen  kependudukan tersebut. 

"Kan kasihan juga warga, kalau persyaratannya kurang lengkap mereka harus bolak-balik datang, ada baiknya ditanya terlebih dahulu petugas kita dengan detail, persyaratan- persyaratan apa yang dibutuhkan. Kalau berkas-berkas masyarakat lengkap sesuai dengan syarat yang di ajukan pasti kita akan selesaikan secepat mungkin,”tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar