Rapat Tim Pora, Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manullang : Pengawasan Orang Asing Harus Maksimal dan Perlu Kolaborasi 

KBRN, Sibolga : Kendati keberadaan orang asing dibutuhkan, namun hanya orang asing yang bermanfaat dan tidak membahayakan keamanan serta ketertiban umum yang diperbolehkan masuk dan berada di Indonesia.

Hal itu ditegaskan Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Kanwil Kemenkumham Sumut Saroha Manullang pada rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Tingkat Kabupaten Nias Selatan yang dihelat di Pendopo Rumah Bupati Nias Selatan, Kamis (23/06/2022).

Dalam keterangannya yang diterima rri.co.id, Jumat, (24/06/2022), Saroha Manullang mengatakan, pengawasan orang asing ini merupakan kebijakan keimigrasian selective policy.

"Keberadaan orang asing dibutuhkan sepanjang memberikan manfaat, namun dampak negatifnya tetap harus diwaspadai, karenanya pengawasannya dilaksanakan dengan maksimal," ujar Saroha sembari menyebut kolaborasi yang harmonis harus tetap ditingkatkan terhadap pengawasan orang asing.

Ditambahkan Saroha, pihaknya sangat mendukung kegiatan yang digelar pemerintah daerah seperti event Nias Pro, ajang surfing kelas dunia diikuti peselancar internasional yang sedang berlangsung di Pantai Sorake saat ini. 

"Kita mendukung kegiatan tersebut karena dampaknya sangat positif bagi pembangunan dan perekonomian," kata Saroha. 

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ikhtiar Duha yang membuka secara resmi pertemuan itu, dalam sambutannya menyampaikan Tim Pora merupakan wadah untuk  berbagi data dan informasi.

"Sehingga seluruh pihak dapat berperan aktif dalam pengawasan orang asing agar tidak membawa dampak negatif yang merugikan," sebutnya. 

Sementara Komandan Lanal Nias Letkol Laut (P) Jerry Henry Manuhutu pada pertemuan itu mengatakan, Tim Pora menjadi salah satu bukti negara hadir di tengah masyarakat dalam menjaga tegaknya kedaulatan dan keamanan negara. 

Ditambahkannya, Nias Selatan terdiri dari banyak kepulauan namun belum semua pulau-pulau tersebut memiliki penghuni. 

"Oleh sebab itu melalui Tim Pora bukti negara hadir di tengah masyarakat," tegasnya.

Pada kegiatan yang diakhiri dengan diskusi dan berbagi informasi, juga dihadiri Kasubid Intelejen Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut Ekjon Lingga beserta tim, perwakilan TNI, Polri, Kejaksaan, BIN, BAIS, Disnaker, Disdukcapil, Dinkes, Kesbangpol, Disdik, BPBD, Satpol PP, dan instansi lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar