175 Orang Pramuka Penggalang Mengikuti Seleksi Menjadi Duta Kota Sibolga ke Jambore Nasional

KBRN, Sibolga : Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga (Kwarcab Sibolga) melaksanakan seleksi anggota pramuka untuk mengikuti Jambore Daerah dan Jambore Nasional  XI Tahun 2022 yang di ikuti oleh para Pramuka Penggalang tingkat SMP/Mts Se-Kota Sibolga sebanyak 175 orang.

 “Saat ini kita menyeleksi para peserta untuk mengikuti Jambore Daerah yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sibolangit, Sumatera Utara. Setelah adik-adik nantinya selesai mengikuti Jambore Daerah maka, kita akan utus adik-adik ini untuk mengikuti Jambore Nasional di Cibubur, Jakarta," ujar Sibolga Arya Wirawan Panjaitan,S.Pd Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota kepada rri.co.id di lapangan Simare-mare Kota Sibolga Rabu, (18/05/2022).

Arya menyampaikan seleksi anggota pramuka penggalang itu akan berlangsung 4 hari dan para peserta seleksi akan mengikuti 4 tahap penyeleksian.

“Mulai dari seleksi ketangkasan baris-berbaris, ujian tertulis tentang ilmu pengetahuan kepramukaan, skill kepramukaan tentang pengembaraan, peta pita/tali temali dan terakhir tes kemampuan jasmani," terang Arya.

Arya juga menyampaikan, pihaknya akan  memilih 64 orang anggota pramuka penggalang yang nantinya akan mengikuti Jambore Pramuka Daerah, diantaranya 32 orang putra dan 32 orang putri.

“Ketentuan peserta Jambore daerah itu harus memiliki 2 pasukan, setiap pasukan memiliki 4 regu, dan setiap regu sebanyak 8 orang, “ tuturnya.

Sementara untuk peserta pramuka yang akan mengikuti Jambore Nasional pada 14-22 Agustus 2022 dibutuhkan 16 orang peserta, diantaranya 8 orang peserta putra dan 8 orang peserta putri.

 “itu ketentuan dan syaratnya,  peserta harus memiliki Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penggalang terap dan sudah mengikuti Jambore Daerah,” ucap Arya.

Selanjutnya Arya optimis para pesertan pramuka utusan Kota Sibolga nantinya akan mampu bersaing dan membawa nama harum Kota Sibolga di Jambore Nasional.   

"Kita targetnya bahwa adik-adik pramuka Penggalang yang kita utus adalah betul-betul menjadi Duta Terbaik Pramuka Kota Sibolga, dimana setiap anggota Pramuka itu harus memiliki dan mencerminkan diri sesuai Satya dan Dharma Pramuka,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar