Sihar : UMKM Sibolga Terkendala Modal

KBRN, Sibolga : Anggota Komisi XI DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Sihar Sitorus menyebut, permodalan masih menjadi kendala bagi pelaku UMKM di Kota Sibolga. 

Hal itu disampaikannya usai menggelar acara diskusi publik bersama sejumlah tokoh masyarakat, pelaku UMKM, ormas, mahasiswa, dan abang becak bermotor (betor) di Matahari Cafe Jl. S. Parman Sibolga, Selasa (10/05/2022).

“Pertama banyak ide bagus dari  masyarakat Sibolga, kedua, mereka serius memikirkan usaha  apa yang akan dilakukan, ketiga, masalah permodalan,” paparnya.

Pada kesempatan itu Sihar mengaku akan berupaya menemukan solusi dari setiap masalah yang dihadapi masyarakat Sibolga, seperti masalah permodalan berupa koperasi simpan pinjam, serta modal budidaya ikan tawar, yang diyakini dapat mendukung kebangkitan ekonomi terutama di masa pandemi covid-19.

"Sebetulnya, konteks permodalan tidak hanya menjadi kendala bagi UMKM di Indonesia, melainkan dunia, mendapat modal itu tentu harus memenuhi persyaratan," kata Sihar.

"Misal KUR individual minimal 6 bulan, harus terdaftar di platfrom e-commerce dan dilihat prospeknya berkelanjutan atau seperti apa, nilai ekonomisnya, ini akan menjadi perhatian," tambahnya.

Tidak dipungkiri Sihar, proses pinjaman yang diajukan masyarakat kerap menghadapi kesulitan, akibat kepentingan dari pihak perbankan.

" Nah, ini yang harus kita urai, dan dipresentasi. Hal ini tidak bisa saya jawab secara gamblang, intinya, harus melalui cara persuasif," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar