Danlanal Sibolga Cek Posko Terpadu Lebaran 2022

KBRN, Sibolga : Untuk memastikan warga pemudik lebaran rute pelayaran dari Sibolga menuju Kepulauan Nias dan sebaliknya telah melaksanakan Vaksinasi 1, 2 dan 3 booster sebelum melakukan perjalanan mudik, Komandan Lanal  (Danlanal) Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas M.Tr, Op, melakukan pengecekan dan pemantauan Posko Terpadu Lebaran Tahun 2022 serta kesiapan Kapal penyeberangan Sibolga-Nias di Pelabuhan Pelindo I Sibolga, Jumat (29/04/2022).

Danlanal Sibolga yang didampingi unsur Maritim dan Forkopimda Sibolga juga memantau pelaksanaan Vaksinasi Booster bagi pemudik yang belum melakukan Vaksin ke 3 booster sebagai syarat melakukan perjalanan mudik lebaran.

"Selain Pengecekan penumpang dan kesiapan kapal Penyeberangan, kita juga memantau pelaksanaan vaksin booster. Vaksin ke 3 booster sebagai syarat melakukan perjalanan mudik lebaran, dan ini sejalan dengan Program Pemerintah dalam percepatan penanggulangan penyebaran Covid 19," ujar Danlanal.

Selain itu Danlanal juga mengatakan, jalur laut menjadi moda transportasi satu-satunya yang digunakan warga pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 dari kepulauan Nias menuju Sibolga atau sebaliknya, karena itu perlu dipastikan kesiapan kapal angkutan Lebaran, agar tidak sampai overload atau kelebihan kapasitas penumpang maupun barang muatan yang dapat membahayakan pelayaran.

"Jumlah penumpang harus disesuaikan dengan sertifikat keselamatan kapal penumpang (SKKP) agar meminimalkan angka kecelakaan di laut. Terlebih untuk menghindari kerumunan masa yang besar, agar kita tetap terhindar dari penyebaran Virus Covid 19," tegasnya.

Kemudian Danlanal juga meminta seluruh jajaran yang berkompeten di laut agar lebih perduli dengan masalah ini karena menyangkut keselamatan dan kesehatan orang banyak.

"Prosedur keselamatan dan Kesehatan harus diperhatikan dan dipatuhi," tegas Danlanal.

Selanjutnya Danlanal Sibolga memprediksi puncak arus mudik Lebaran di Pelabuhan Sibolga akan terjadi mulai tanggal 29 April 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar