Kota Siantar dan Huta Tinggi Dicanangkan Sebagai Desa Bersinar

KBRN, Madina : Bupati Mandailing Natal (Madina), H. Muhammad Jafar Sukhairi Nasution menghadiri Pencanangan Kelurahan Kota Siantar dan Desa Huta Tinggi sebagai Wilayah Desa Bersih Dari Narkoba (Bersinar) yang digagas oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Mandailing Natal di Hotel Paya Loting Panyabungan, Selasa (30/11/2021).

Kepala BNN Kabupaten Mandailing Natal, AKBP Eddy M. Nasution,  mengatakan pencanganan Desa Bersinar adalah sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mengatasi persoalan narkoba. Eddy mengatakan mulai hari ini hingga tahun-tahun kedepan BNNK Mandailing Natal akan mendorong perwujudan program ini, secara bertahap sampai permasalahan narkotika dapat diminimalisir di Kabupaten Mandailing Natal.

“Hari ini kita canangkan dua Desa yaitu Kelurahan Kota Siantar dan Desa Huta Tinggi dan kedepan akan bertambah, dan sudah ada yang mendaftar untuk tahun depan yaitu Kepala Desa Pastap Julu yang menyatakan bersedia,” ujar Kepala BNN Kabupaten Mandailing Natal.

Eddy juga mengatakan kegiatan ini jangan dijadikan sebagai ajang seremonial saja, setelah dicanangkan malah meredup.

“Kami menyadari banyak kendala yang dihadapi, namun itu akan dijadikan momentum untuk terus mendorong kegiatan BNNK dapat diwujudkan. Adapun kendala tersebut diantaranya terkait anggaran, untuk itu kami mengajak semua pihak dapat bekerjasama dengan BNNK sehingga program pemberantasan narkoba ini bisa kita laksanakan serentak, menyeluruh dengan melibatkan partisipasi masyarakat,” sambung Eddy.

“BNNK berharap tentunya kita semua dapat berpartisipasi dalam mewujudkan Desa Bersinar ini, kita harus menjadi super tim membangun gerakan bersih narkoba menjadi gerakan yang meluas, juga sebagai perwujudan tanggungjawab sosial kita terhadap persoalan narkotika ini khususnya di Kabupaten Mandailing Natal yang kita cintai ini,” ungkap Eddy mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Bupati Mandailing Natal, H. Muhammad Jafar Sukhairi Nasution dalam sambutannya menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh BNNK Mandailing Natal.

"Saya apresiasi langkah yang ditempuh BNNK dengan melakukan pencanangan Desa Bersih Dari Narkoba terhadap Kelurahan Kota Siantar dan Desa Huta Tinggi, karena memang di kedua wilayah ini termasuk dalam kategori kawasan rawan narkoba," ucap Sukhairi.

"Semoga ini menjadi awal dari perubahan yang lebih baik, demi terciptanya Mandailing Natal bersinar," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar