Desa Jago - Jago Menjadi Desa Binaan UM-Tapsel

KBRN, Sibolga : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UM-Tapsel), melakukan serangkaian kegiatan di Tapanuli Tengah (Tapteng) Sabtu (27/11/2021).

Kegiatan UM-Tapsel itu diawali dengan peresmian desa Jago - Jago sebagai desa binaan UM-Tapsel di kecamatan Badiri.

Selain meresmikan desa binaan, rektor Muksana juga menlaunching taman baca, untuk masyarakat Jago-Jago.

"Desa binaan Jago-Jago dan kehadiran taman baca adalah salah satu tindak lanjut pengabdian kepada masyarakat, yang diharapkan mampu meminimalisir anak-anak buta aksara," ujar Rektor Dra Muksana Pasaribu, MA, kepada awak media.

Muksana juga berharap kerjasama ataupun Memorandum of Agreement (MoA) anatara Desa Sijago - Jago dengan UM-Tapsel kedepan akan berlanjut dengan kegiatan dan program-program Catur Dharma lainnya.

Pada Rangkaian kegiatan tersebut,  program studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UM-Tapsel juga melakukan seminar dengan tema Peran Bahasa Pesisir di Era Revolusi Industri 4.0. yang didampingi langsung oleh Rektor Muksana, Wakil Rektor I Aisyah Nurmi MPt, Wakil Rektor II Putoro Dongoran MH, dan Wakil Rektor-III Syawaluddin MSi, serta Dekan.

“Melalui seminar ini, dapat menjaga bahasa daerah terus lestari dan menjadi bahasa kebanggaan bagi anak muda Jago-Jago,” ucap Muksana.

Masih di tempat yang sama Camat Badiri, Agus Harianto menyampaikan apresiasi terhadap program desa binaan desa Jago -Jago dan taman baca yang diinisiasi oleh UM-Tapsel tersebut.

"Dampaknya sangat positif, hal ini dilakukan tentu demi meningkatkan literasi anak-anak dan minat baca warga desa kami," kata Agus.

Kemudian, camat Badiri juga memberikan penghargaan kepada pihak UM-Tapsel atas kemitraan dengan desanya.

"Kehadiran UM-Tapsel di desa ini memberikan warna baru bagi kehidupan masyarakat dimasa berikutnya," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar