Stok Pupuk Untuk Tapsel Kosong

KBRN, Tapsel : Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Tapanuli Selatan (Tapsel) Bismark MT Siregar bersama dengan Kasat Reskrim Polres Tapanuli Selatan AKP Paulus Robert Gorby Pembina, Jumat (26/11/2021) melakukan pemeriksaan ke gudang pupuk Pusri di Sitataring dan Gudang GCS di Palopat Maria.

Hal itu dilakukan untuk menyikapi persoalan kelangkaan pupuk yang dikeluhkan petani di Tapsel.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan di dua gudang tersebut, diketahui, gudang pupuk tersebut kosong dan tidak memiliki stok, seperti yang diungkapkan para distributor pada saat Rapat Dengar Pendapat dengan DPRD Tapsel pada Selasa lalu.

"Tadi siang bersama Kepala Dinas Pertanian, kita melakukan pemeriksaan ke gudang pupuk Pusri di Sitataring dan Gudang GCS di Palopat Maria,” ujar Kasat Reskrim Polres Tapanuli Selatan AKP Paulus Robert Gorby Pembina di Mapolres Tapanuli Selatan.

Disebutkannya, dari pengakuan penjaga gudang, tidak ada stok pupuk bersubsidi untuk Tapanuli Selatan di dua gudang tersebut

“Stok pupuk bersubsidi untuk Tapanuli Selatan, ternyata kosong. Hal ini bertolak belakang dengan pernyataan distributor yang menyatakan persediaan pupuk bersubsidi masih ada ribuan ton,” ujarnya

Masih dari pengakuan penjaga gudang pupuk itu kata AKP Paulus Robert, disebutkan, pupuk yang ada saat ini di kedua gudang tersebut merupakan pupuk pesanan Kabupaten Madina, Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Padang Lawas Utara.

Sementara, Tiga distributor pupuk untuk Tapanuli Selatan, saat Rapat Dengar Pendapat dengan DPRD Tapanuli Selatan pada selalsa (22/11/2021) lalu menyatakan masih ada stok pupuk ribuan ton di gudang miulik mereka.

PT Pertani (persero), melalui Hari Sutanto mengakui masih ada sisa alokasi pupuk urea subsidi tahun 2021 sebanyak 959 ton lebih lagi. Jumlah itu setara 38,93 persen untuk siap sedia didistribusikan ke petani melalui pengecer (kios).

Selain itu masih ada sisa pupuk yang belum disalurkan oleh PT Roma Asi di lima kecamatan yakni Kecamatan Angkola Timur 34,05 ton, Arse 30 ton, Marancar 88 ton, Saipar Dolok Hole 18 ton, Tano Tombangan 20 ton, Aek Bilah 21 ton.

Sementara, dari Distributor PT. Gresik Cipta Sejahtera menyampaikan tidak ada kelangkaan Pupuk di Tapanuli Selatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar