Kemenkumham Sumut Monitoring Eazy Paspor di Imigrasi Sibolga

KBRN, Sibolga: Kantor Imigrasi Sibolga menerima Kunjungan dari tim monitoring dan evaluasi (Monev) divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Kamis (25/11/2021).

Tim monev terdiri dari empat orang, yaitu Kepala Subbidang Informasi Keimigrasian, Cut Ana Darmawan, Pengolah Data Laporan, Ruth Dumentha Sibuea. Serta, dua Analis Keimigrasian Pertama, Immanuel Simanjuntak dan Fauzi Abdullah.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk memantau sejauh mana Kantor Imigrasi Sibolga telah memenuhi target kinerja B12 khususnya terkait dengan sosialisasi dan pelaksanaan kegiatan eazy paspor.

“Saya sungguh kagum dengan upaya Kantor Imigrasi Sibolga terkait pemenuhan target kinerja B12, meskipun banyak kendala-kendala yang dihadapi namun mereka mampu memenuhi target kinerja yang diminta oleh kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut” ujar Cut Ana.

Secara terpisah, Saroha menyambut baik kunjungan tim monev tersebut. "Semoga dengan kunjungan tim monev ini membuat Imigrasi Sibolga semakin bersemangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Kegiatan monev mencakup mulai dari proses pengumpulan data realisasi program/kegiatan, pelaporan kegiatan, hingga penilaian dan evaluasi capaian kinerja.

Monev bertujuan untuk membuktikan dan mempertanggungjawabkan kepada masyarakat atas penggunaan anggaran yang dikelola (prinsip akuntabilitas) dan untuk menginventarisir faktor–faktor pendukung dan penghambat sebagai bahan evaluasi.

Sehingga, program atau kegiatan selanjutnya dapat lebih berdayaguna dan berhasil-guna (prinsip efektivitas dan efisiensi).

Karenanya, pelaksanaan monev sangat krusial dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berdasar pada Good Governance.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar