Terpilih Secara Aklamasi, Azlinda Hutagalung Nakhodai HNSI Sibolga Periode 2021-2026

KBRN, Sibolga : Terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Cabang (Muscab) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Sibolga yang dihelat di Hotel Wisata Indah Sibolga, Kamis (25/11/2021), Azlinda Hutagalung menjadi perempuan pertama yang mennakhodai HNSI di Kota Sibolga

Azlinda yang kini menjadi ketua HNSI Kota Sibolga periode 2021-2026, usai pelaksanaan Mucab tersebut mengatakan, nelayan harus dapat mengikuti dan menguasai kemajuan teknologi informasi yang semakin berkembang, mengingat manfaat teknologi informasi dalam dunia perikanan saat ini

“Pengurusan surat-surat dan perizinan (Kapal) sekarang sudah online. Hanya saja, sampai saat ini masih ada kendala karena proses loading ke situsnya cukup lama. Kemungkinan hal itu bisa diakibatkan jaringan internet yang kurang baik atau mungkin ada kendala teknis lainnya,” kata Azlinda.

Namun Azlinda yang akrab disapa Linda ini juga mengatakan, pihaknya akan berupaya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada nelayan, agar nelayan dapat memanfaatkan layanan online dalam pengurusan surat-surat dan perizinan kapalnya.

Selain itu, Linda juga mengungkapkan, peningkatan kesejahteraan hidup nelayan kecil di Kota Sibolga, menjadi program utamanya, apalagi dirinya banyak menerima laporan tentang penghasilan nelayan kecil yang sangat minim.

“Karena penghasilan nelayan dihitung berdasar bagi hasil tangkapan ikan, sehingga belum bisa menyamai besaran upah minimum kota (UMK),” jelasnya.

Kemudian, Linda juga menyatakan, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menabur rumpon di sejumlah kawasan tangkap nelayan kecil, dan itu kata Linda, merupakan bentuk perhatian HNSI Sibolga kepada nelayan kecil.

“Kami nanti akan mengundang kawan-kawan (wartawan) untuk meliput kegiatannya. Kita cari waktu yang tepat nanti,” ujarnya.

Ditambahkannya, HNSI Sibolga juga sangat berharap perhatian dari pemerintah daerah kepada nelayan kecil, guna peningkatan taraf hidup dan geliat ekonomi nelayan kecil.

Turut hadir pada Muscab itu, ketua HNSI Sumut, Zulfahri Siagian, Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas M Lumbantobing, Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, dan para ketua rukun nelayan se Kota Sibolga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar