HIKKBAR Peringati Maulidin Nabi dan Pelantikan Pengurus Rayon

KBRN, PANDAN : Himpunan Kerukunan Keluarga Barus (HIKKBAR) menggelar Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1443 H/2021, sekaligus pelantikan Pengurus Rayon HIKKBAR Pancuran Gerobak Kota Sibolga dan Pengurus Rayon HIKKBAR Pondok Batu Kabupaten Tapanuli Tengah serta pelantikan Generasi Mudo HIKKBAR Sibolga-Tapteng, oleh Ketua Gadang HIKKBAR Sibolga-Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani di Gedung Serbaguna (GOR) Pandan, Tapteng, pada Jumat (22/10/2021) malam.

Peringatan Maulid Nabi ini di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, oleh Qori Paisal Ramadhan Hasibuan dilanjutkan doa oleh Ustad Rusdi Bagariang SHI, dan pengantar ceramah  Ishlahul Fikri Simanjuntak yang merupakan binaan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani. Sedangkan penceramah adalah Ustad Fahrul Rozi.

Ketua Gadang HIKKBAR, Bakhtiar Ahmad Sibarani, yang juga Bupati Tapteng ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari Maulid Nabi yang digelar  HIKKBAR ini untuk menjalin silatuhrahmi dan memupuk kekompakan.

“Dua tahun yang lalu mimpi kami harus membangun Kantor HIKKBAR yang abadi. Artinya, siapapun yang menjadi Bupati Tapteng dan Wali Kota Sibolga, serta menjadi Ketua Gadang (Ketua Besar) HIKKBAR nantinya, sudah ada Rumah Gadang (Rumah Besar) kita rumah orang Barus yang menjadi milik orang Barus pada saatnya nanti,” kata Bakhtiar.

Oleh karena itu, Bakhtar meminta kepada seluruh keluarga besar HIKKBAR dan para pengurus yang baru dilantik agar tetap semangat mengibarkan dan membesarkan bendera HIKKBAR di wilayah Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Selaku Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani juga menyampaikan bahwa pembangunan di Barus sudah berlangsung dan akan terus dilanjutkan. Salah satunya adalah Jembatan Hamzah Al Fansuri yang menjadi ikon di Barus, ditambah dengan sarana infrastruktur jalan yang sudah dibangun dan sudah mulus, serta sarana dan prasarana lainnya.

“Sama seperti Gedung olahraga ini bisa bagus seperti sekarang ini, karena orang Barus menjadi Bupati. Mari kita tunjukkan bahwa kita dapat membangun Kabupaten Tapanuli Tengah ini,” kata Bakhtiar 

Bakhtiar pun menegaskan, bahwa Kota Barus harus berbenah kembali. Untuk itulah, jalan dari Kantor Pos menuju Titik Nol akan diperlebar yang dihiasi taman dan lampu hias menuju ibu kota Barus. 

“Kita sudah bangun SMP Negeri 1 Barus. Nanti juga akan kita bangun bronjong kiri dan kanan jembatan Kampung Mudik dari Pasar Baru Padang Masiang agar tidak banjir lagi Kecamatan Barus yang kita cintai. Sebelum habis masa jabatan saya sebagai Bupati, akan kita wujudkan,” ujarnya.

Bakhtiar melanjutkan, nanti akan dibangun Taman Balita dan Gedung Olahraga berkapasitas 1.000 orang di Barus.

Sedangkan bagi masyarakat Barus yang anaknya lulus di Perguruan Tinggi Negeri dan tidak mampu ekonominya, agar segera mendaftar ke Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Pemkab akan menguliahkannya.

“Untuk pembangunan Masjid Raya Barus yang berbiaya Rp 30 miliar, dengan ijin Allah kami targetkan tahun 2023 harus selesai. Dan itu akan menjadi Masjid kebanggaan orang Barus dan masyarakat Tapanuli Tengah. Untuk itulah kita rencanakan tahun depan, MTQ dilaksanakan di Kecamatan Barus dan kita akan undang Ustad Dasat Latif,” ungkap Bupati Tapteng.

Di akhir sambutannya, Bupati pun menegaskan, bahwa jabatan itu hanya titipan Allah SWT. 

“Kalau tidak kita meninggalkan jabatan, jabatan yang meninggalkan kita. Untuk itu, jangan terlalu mencintai jabatan berkelebihan,” ujarnya, yang disambut dengan tepuk tangan.

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1443 H/2021, Dan pelantikan Pengurus Rayon HIKKBAR ini mengusung tema “Kito Pakuat Semangat Kekeluargaan, Basamo Kito Manggadangkan HIKKBAR yang Berkarakter, Mandiri dan Berakhlatul Karimah,"

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wali Kota Sibolga, H Jamalauddin Pohan yang juga sebagai keluarga besar HIKKBAR, Ketua TP PKK Tapteng Ny Citra Bakhtar Sibarani, Sekdakab Tapteng, para Pimpinan OPD kedua daerah, beserta undangan lainnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00