Bupati Taput Serahkan Bantuan Benih Jagung dan Alat Mesin Pertanian Kepada Kelompok Tani

KBRN, Taput : Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan M.Si didampingi Kepala Dinas Pertanian Sey Pasaribu , Staff ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan Marco Panggabean , Anggota DPRD Taput Ombun Simanjuntak dan beberapa Pimpinan Perangkat Daerah mengikuti acara p bantuan penyerahan benih jagung dan alat mesin pertanian di Gedung Sopo Partungkoan Kabupaten Tapanuli Utara, Tarutung. (Sabtu, 25/09/2021)

Kegiatan penyerahan bantuan benih jagung dan alat mesin pertanian oleh Bupati Taput bersumber dari APBN dan APBD Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Anggaran 2021, dimana maksud dan tujuan penyerahan Benih Jagung dan Alat Mesin Pertanian ini adalah untuk membantu para petani dan kelompok tani di Kabupaten Tapanuli Utara dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas produk petani supaya hasil pertanian lebih meningkat dengan hasil yang memuaskan serta diperuntukkan kepada petani dan kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan Benih dan Alsintan.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa sebagian besar masyarakat kita adalah petani. Petani dalam usaha taninya tidak terlepas dari kebutuhan akan Sarana Produksi Pertanian berupa benih unggul maupun alat mesin pertanian. Dalam rangka mendukung visi pembangunan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara yaitu“Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan dan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas Serta Daerah Tujuan Wisata, terlebih pada masa pandemi Covid-19 saat ini, dimana sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar. Sehingga sangat diperlukan ketersediaan benih unggul dan alat mesin pertanian,  dimana ketersediaan benih unggul khususnya benih jagung dan alat mesin pertanian merupakan program Pemerintah untuk meningkatkan swasembada pangan", ucap Bupati mengawali.

"Penggunaan benih unggul bersertifikat dan bermutu menjamin keberhasilan usaha tani. Komoditas jagung terus mengalami perluasan pasar dan menjadi komoditas unggulan bagi petani, sehingga diperlukan penggunaan benih jagung hibrida berkualitas dalam mendukung peningkatan produksi hasil komoditi jagung khususnya di Kabupaten Taput. Alat dan mesin pertanian memiliki berbagai peranan dalam usaha pertanian , antara lain meningkatkan kapasitas kerja sehingga luas tanam dan intensitas tanam, eksistensifikasi tanam dapat meningkat dan meningkatkan kualitas sehingga ketepatan, keseragaman proses, hasil dapat diandalkan serta mutunya terjamin."ujar Bupati menambahi.

Penggunaan alat dan mesin pertanian yang tepat dan layak pakai akan meningkatkan dayaguna dan hasil produksi, menambah pendapatan petani serta menunjang kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup.

"Penerima manfaat adalah kelompok tani atau  kelompok tani yang bergabung dan bekerjasama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha. Menggunakan benih jagung dan alat mesin pertanian yang diterima untuk kepentingan kelompok tani, memelihara alat dan mesin pertanian agar beroperasi dengan baik, memanfaatkan bibit tanaman dengan baik. Berkoordinasi dengan aparat desa dan petugas penyuluh pertanian apabila ada masalah dibidang pertanian, dan berharap sasaran produksi yang telah ditargetkan dapat tercapai," ujar Bupati mengakhiri.

Pada kesempatan sebelumnya, Kadis Pertanian Ir. SEY Pasaribu, M. Si dalam laporannya mengatakan bahwa meningkatnya kebutuhan sarana pertanian di masa pandemi adalah tantangan yang besar. Namun Bupati telah melakukan berbagai upaya salah satunya memberikan usulan kepada Mentri Pertanian. 

"Kesempatan hari inilah realisasinya.  Kelompok tani akan mendapat Benih Jagung, Nk 212 sebanyak 30 ton dan P32 sebanyak 1,4 ton,  dengan 198 poktan yang berasal dari kecamatan Sipahutar, Pangaribuan, Siborongborong, Siatas Barita, Pagaran, Sipoholon, Parmonangan, Tarutung dan Muara dan Jenis Alsintan yang diserahkan yaitu 1 unit Traktor Roda 4, 3 Unit Pemipil jagung berjalan, 21 unit Hand Traktor Roda 2 dan 10 unit Pompa air. Kiranya apa yang telah diperjuangkan oleh Bupati bisa menjadi berkat bagi masyarakat Tapanuli Utara", ucap Kadis Pertanian dalam laporannya.  

"Terima kasih kepada Bupati atas bantuannya di masa pandemi kepada masyarakat kita. Kami juga berharap pada Bapak Kadis Pertanian lebih banyak lagi memberi perhatian kepada kelompok tani Tapanuli Utara. Kami wakil masyarakat mengharapkan penyerataan dan kepada penerima bantuan diharapkan menggunakan bantuan sebaik mungkin hingga dapat meningkatkan produksi pangan". Ucap Ombun Simanjuntak. 

"Kami akui perhatian yang nyata dan luar biasa dari Bapak Bupati untuk mendukung program peningkatan produksi pertanian. Terima kasih banyak Pak Bupati atas bantuannya. Kami akan memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Tapanuli Utara" ujar salah satu warga kelompok tani.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00