Wali Kota Sibolga Komit Ambil Kembali Lahan Pemda yang Dikuasai Swasta

KBRN, Sibolga: Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan tetap berkomitmen untuk mengambil kembali aset pemerintah daerah yang dikuasai pihak swasta, di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Sibolga.

“Itu tanah Pemkot. Tentu kita (Pemkot Sibolga) berusaha terus untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” ujar Jamaluddin usai memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) ke 61, di halaman Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sibolga, Jum’at (24/9/2021).

Jamaluddin mengaku telah meminta bantua pihak BPN Sibolga melakukan mediasi penyelesaian sengketa lahan antara Pemkot Sibolga dan UD. Budi Jaya, sebelum berlanjut ke ranah hukum.

Dalam perkara ini, pihak UD. Jaya dianggap secara sepihak mengurus sertifikat hak tanah seluas 1.040 dari 5.665.25 meter persegi (m2) milik Pemkot Sibolga.

“Kebetulan kita duduk bersama dengan Kepala BPN, pak Sagala, supaya mediasi dulu. Jangan nanti lanjut ke ranah hukum. Tentu kita gak mau lagi kalau sudah hukum yang menentukan. Gak ada lagi musyawarah.” Ucap Jamaluddin.

Pada kesempatan sama, Kepala BPN Sibolga, Evendi Sagala mengakui bahwa pihak UD. Jaya telah memiliki dokumen sertifikat hak atas tanah yang disengketakan sejak Tahun 2004.

Namun, kata Evendi, sertifikat tersebut dimungkinkan untuk dianulir bila terbukti cacat hukum administrasi.

“Masih dapat dibatalkan (sertifikat hak tanah) apabila nanti bisa dibuktikan itu tanah milik Pemkot Sibolga,” terang Evendi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00