Pemko dan DPRD Sibolga Tanda Tangani Nota Kesepakatan Ranwal RPJMD

KBRN, Sibolga : Pemko dan DPRD Kota Sibolga, menandatangani Nota Kesepakatan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Ranwal RPJMD) Tahun 2021-2026, melalui Rapat Paripurna Nota Kesepakatan Rancangan Awal RPJMD, yang digelar Rabu (23/06/21) siang, di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kota Sibolga.

Nota kesepakatan Ranwal RPJMD, ditandatangani oleh Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan didampingi Wakil Wali Kota Pantas Maruba Lumban Tobing, dengan Ketua DPRD Akhmad Syukri Nazry Penarik, serta Wakil Ketua DPRD Jamil Zeb Tumori, SH, M.AP.

Ketua DPRD saat membuka rapat menyampaikan, “Rancangan RPJMD 2021-2026 telah mendapat pembahasan oleh Tim Pansus sebagai rekomendasi DPRD Kota Sibolga. Dalam pembahasan, Tim Pansus DPRD Kota Sibolga telah menyampaikan hasil kerja dimaksud kepada Pimpinan guna penyempurnaan rekomendasi DPRD kepada Wali Kota. Berupa catatan penilaian yang sifatnya dianggap strategis, juga saran, masukan, dan koreksi untuk perbaikan penyelenggaraan Pemerintah Kota Sibolga ke depan".

Dalam sambutan Wali Kota menyampaikan, “Nota kesepakatan ini adalah tahap awal dalam menyusun RPJMD, setelah nota Ranwal RPJMD ini ditandatangani, selanjutnya akan dikonsultasikan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, untuk mendapatkan masukan dan saran. Selanjutnya akan dilakukan Musrenbang guna penajaman dan penyelarasan, serta penyempurnaan. Selanjutnya akan dibahas kembali dengan DPRD, setelah menjadi Rancangan Perda RPJMD Kota Sibolga tahun 2021-2026".

Wali Kota juga menambahkan, Ranwal RPJMD ini digunakan sebagai acuan perencanaan 5 tahun ke depan. Kondisi pandemi covid-19 mengakibatkan terjadinya recofusing. Sehingga realokasi anggaran semakin sedikit yang dierima dari Pemerintah Pusat. Maka percepatan pembangunan fokus pada program prioritas mewujudkan visi misi Sibolga sehat, pintar dan makmur. Dengan mengupayakan sumber pembiayaan pembangunan melalui peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Melalui pajak, retribusi, hasil pengelolaan kekayaan daerah, dan lain-lain PAD yang sah.

Turut hadir dalam rapat ini, unsur Forkopimda, para Anggota DPRD Kota Sibolga, Sekda M. Yusuf Batubara, SKM, MM para Staf Ahli, Asisten, dan Pimpinan OPD, Ketua Dharma Wanita Persatuan Masnah, SE, Ketua GOW, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, beberapa Pimpinan Instansi Vertikal, dan Insan Pers.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00