Berburu Rimis Dipantai Kade Tigo Barus Tapteng

KBRN BARUS : Puluhan ibu -ibu rumah tangga di kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara memanfaatkan waktu senggang mereka dengan beraktivitas beramai -ramai mendatangi pinggir pantai Kade Tigo dengan mengikut sertakan beberapa orang anggota keluarga,  para kaum Hawa ini melakukan aktivitas unik namun mendatangkan hasil.  Sambil berendam air laut sembari membalik -balik Batu karang mengais,memilih dan memilah Kepah Laut yang bagi orang Barus menyebutnya dengan Rimis.

" Berburu Rimis (Kepah Laut) buat santapan dirumah, Rimis ini kan makanan enak dan bergizi dimasak campur sayur daun ubi wah lezat rasanya " tutur Yusnidar Tanjung dan Boru Simbolon saat dijambangi RRI di pantai Kade Tigo desa Kedai Gedang Barus Jumat 26/6-2020.

Yusnidar menuturkan disaat Pandemi Covid -19 ini daripada berdiam diri dirumah lebih baik Berburu Rimis,  aktivitas Berburu Rimis ini dilakukan saat pasang surut setelah tergelincir matahari. 

" ya hasil yang kita dapatkan 4 sampai 5 liter Rimis kalau dijual harganya Rp 7.500 perliter." pungkasnya. 

Amatan RRI di sore Jumat 26/6-2020 itu terlihat para ibu -ibu dengan posisi berjongkok sambil bergerak perlahan nampak meraba -raba Batu karang sambil membawa tas kantongan. 

Para ibu -ibu itu sambil bersenda gurau sesekali memasukkan tangannya yang sudah berisi Rimis kedalam tas. Aktivitas Berburu Rimis ini termasuk salah satu kearifan lokal yang sudah turun temurun sejak zaman leluhur, sungguh mengasyikkan sambil berendam air laut sekaligus mendatangkan hasil. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00