Gol Tunggal Embolo Menangkan Swiss atas Kamerun 1-0

Pemain Timnas Swiss, Breel Embolo usai membobol gawang Kamerun pada laga Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion Al Janoub, Kamis (24/11/2022). (Foto: fifa.com)

KBRN, Jakarta: Swiss berhasil memetik kemenangan 1-0 atas Kamerun pada laga Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion Al Janoub, Kamis (24/11/2022). Breel Embolo mencetak gol semata wayang sekaligus membawa Swiss meraih poin penuh pada laga kali ini.

Kedua tim bermain terbuka sepanjang pertandingan. Namun, Breel Embolo (48') yang sukses mencetak gol kemenangan bagi La Nati.

Kemenangan ini membuat Swiss untuk sementara memuncaki klasemen Grup G Piala Dunia 2022 dengan 3 poin. Sementara Kamerun turun ke dasar klasemen tanpa poin.

Swiss dan Kamerun memulai babak pertama dengan intensitas laga tidak terlalu tinggi. Dikarenakan, kedua tim masih cukup berhati-hati sambil membaca skema masing-masing.

Memasuki menit ke-8, La Nati lebih mendominasi permainan. Pasalnya, pemain tim itu dengan sangat nyaman memainkan bola dari kaki ke kaki.

Bukan tanpa perlawanan, Kamerun pun berusaha melakukan serangan balik yang membahayakan pada menit ke-10. Namun, barisan depan tim itu belum bisa mencetak gol pembuka.

Sampai menit ke-40, belum ada juga gol yang tercipta. Tandanya lini pertahanan Kamerun dan Swiss masih cukup solid.

Kedudukan tidak berubah sampai akhir babak pertama. Swiss dan Kamerun masih bermain sama kuat dengan skor 0-0.

Swiss meningkatkan intensitas serangan usai turun minum. Breel Embolo memecah kebuntuan untuk mengubah skor menjadi 1-0 bagi keunggulan Swiss pada menit ke-48.

Operan Granit Xhaka kepada Djibril Sow diterima Shaqiri di sayap kiri. Bola crossing Shaqiri dengan mudah diselesaikan Embolo yang dibiarkan berdiri bebas di depan gawang.

Swiss nyaris menambah golnya dalam dua kesempatan. Vargas menerima umpan silang cantik lalu meneruskan dengan tembakan dari tengah kotak penalti.

Namun sepakan itu mampu ditangkis Andre Onana ke luar lapangan. Setelahnya sepak pojok Swiss menemui Embolo di depan gawang, namun sontekannya melebar.

Haris Seferovic juga punya kesempatan di menit kelima injury time. Akan tetapi, bek Jean-Charles Castelletto berhasil menghalaunya, dan skor 1-0 bertahan hingga bubaran.

Susunan Pemain

SWISS: Yann Sommer, Rodriguez, Widmer, Elvedi, Akanji, Shaqiri (Okafor 72'), Xhaka, Freuler, Djibril Sow (Frei 72', Vargas (Rieder 81'), Embolo (Seferovic 72')

KAMERUN: Onana, Nkoulou, Castelletto, Fai, Tolo, Zambo Anguissa, Oum Gouet, Hongla (Ondoua 68'), Toko Ekambi (Nkoudou 74'), Mbuemo (Ngamaleu 83'), Choupo-Moting (Aboubakar 74')