Data dan Fakta Jelang Laga Brasil vs Serbia

Pemain Timnas Brasil, Neymar (kiri) dan pemain Timnas Serbia, Dusan Tadic (kanan). (Foto: fifa.com)

KBRN, Jakarta: Brasil berhadapan dengan Serbia pada matchday pertama Grup G Piala Dunia 2022. Pertandingan ini akan digelar di Lusail Iconic Stadium, Jumat (25/11/2022) dini hari WIB.

Banyak pecinta si kulit bundar yang menjagokan tim Samba Brasil untuk menjadi juara. Pasalnya Brasil menjadi salah satu tim pengoleksi titel terbanyak Piala Dunia yakni lima gelar.

Untuk itu, mereka harus terlebih dahulu melalui ujian pertama yang bernama Serbia. Tim yang mayoritas dihuni pemain-pemain Serie A Italia ini bisa menjadi lawan yang berat.

Brasil banjir materi pemain berkualitas dengan DNA menyerang. Komposisi pemain berkualitas bisa jadi sangat merata mulai dari pertahanan hingga lini serang. 

Brasil hadir ke Qatar dengan memboyong Neymar, Gabriel Jesus, dan Bruno Guimares. Di lini belakang akan dikawal ketat Alisson Becker, Thiago Silva, hingga Marquinhos.

Serbia adalah tim yang kuat. Namun, di atas kertas, Brasil adalah tim yang lebih kuat dan difavoritkan bakal menang.

Meski demikian, Serbia juga tak bisa dianggap enteng. Sederet penyerang dengan naluri mesin gol seperti Dusan Tadic, Dusan Vlahovic, dan Luka Jovic. 

Ada pula Sergej Milenkovic-Savic yang bakal menjadi jenderal di lini tengah. Yang mengatur irama permainan rekannya di setiap lini.

Selain itu, Brasil punya kecenderungan untuk sulit menang besar di laga pertama. Itu bisa dilihat dari beberapa edisi terakhir Piala Dunia.

Pada 2002, terakhir kali mereka jadi juara dunia, Brasil cuma menang 2-1 atas Turki di laga pertamanya. Pada 2006, Brasil cuma menang 1-0 atas Kroasia. Pada 2010, Brasil lagi-lagi menang tipis 2-1, padahal lawannya cuma Korea Utara.

Setelah menang besar, yakni 3-1 atas Kroasia, pada laga pertamanya ketika menjadi tuan rumah edisi 2014. Brasil kemudian ditahan imbang 1-1 oleh Swiss di Rusia 2018 kemarin.

Meski begitu, banyak yang memprediksi jika Brasil akan menang dalam laga perdana mereka ini. Hal itu bisa didukung dengan catatan kemenangan yang mereka raih pada laga perdana di tiap edisi Piala Dunia.

Kedua tim pertama kali bertemu pada Juni 2014 dalam laga persahabatan. Di laga itu skuad Selecao hanya menang tipis dengan skor 1-0. 

Lalu mereka bertemu lagi untuk kedua kalinya pada babak fase Grup Piala Dunia 2018. Dimana dalam laga itu, Neymar cs kembali berhasil meraih kemenangan atas Serbia dengan skor 2-0. 

Susunan Pemain:

Brasil (4-3-3): Alisson; Alex Sandro, Thiago Silva, Marquinhos, Danilo; Fred, Casemiro, Lucas Paqueta; Neymar, Richarlison, Raphinha.

Pelatih: Tite (Brasil).

Info skuad: Antony (meragukan).

Serbia (3-4-1-2): Vanja Milinkovic-Savic; Nikola Milenkovic, Stefan Mitrovic, Strahinja Pavlovic; Filip Kostic, Nemanja Gudelj, Sergej Milinkovic-Savic, Andrija Zivkovic; Dusan Tadic; Dusan Vlahovic, Luka Jovic.

Pelatih: Dragan Stojkovic (Serbia).

Info skuad: Aleksandar Mitrovic (meragukan).