Argentina Berpotensi Hadapi Prancis di Babak 16 Besar

Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi (kiri) dan Julian Alvarez (kanan) merayakan gol ke gawang Meksiko pada laga kedua Grup C Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: afa.com)

KBRN, Jakarta: Argentina akan melakoni laga penentuan untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022, Kamis (1/12/2022) dini hari WIB. Jika berhasil lolos, Lionel Messi dan kolega berpotensi menghadapi klub kuat, Prancis di babak 16 besar.

Hingga saat ini, sudah ada tujuh tim yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Namun baru empat yang sudah memiliki lawan mereka masing-masing.

Berdasarkan peraturan FIFA, penempatan tim babak 16 besar akan mempertandingkan juara grup dengan tim runner up grup lainnya. Timnas Belanda sebagai juara grup A dipastikan akan berhadapan dengan Amerika Serikat sebagai runner up grup B.

Sementara Inggris yang berhasil menjadi juara grup B akan meladeni Senegal dari grup A. Sementara tiga dari tujuh tim lolos lainnya, Prancis, Brasil, dan Portugal masih belum memiliki calon lawan mereka.

Ada potensi laga big match terjadi di babak 16 besar nanti. Adapun laga yang dimaksud adalah pertemuan Argentina melawan Prancis. 

Hal itu bisa saja terjadi jika Argentina imbang melawan Polandia di grup C. Sedangkan Prancis berhasil menang atas Tunisia yang keduanya akan digelar, Rabu (30/11/2022) malam WIB. 

Pasalnya, saat ini Prancis menempati posisi juara grup D sedangkan Argentina berada di urutan kedua grup C. Argentina masih di bawah Polandia dengan 3 poin dan Prancis memuncaki grup D dengan 6 poin.

Jika posisi ini tetap bertahan hingga hasil pertandingan terakhir, Argentina dan Prancis akan saling berhadapan di babak 16 besar nanti. Hal ini sangat menarik untuk disaksikan, karena kedua negara itu menjadi favorit juara Piala Dunia 2022 ini.

Sementara itu, juara grup E akan bertemu dengan runner up grup F. Begitupun dengan dua grup selanjutnya, G dan H, yang akan saling diadu antara juara dan runner up grup. 

Brasil kemungkinan besar tidak akan bertemu dengan Portugal. Mengingat keduanya masing-masing merupakan juara grup G dan H. 

Sementara bukan hal mudah bagi Ghana untuk menang banyak atas Uruguay di partai akhir penyisihan grup H. Begitupun dengan Korea Selatan yang nantinya akan berhadapan melawan Portugal.

Adapun Brasil akan bertemu dengan Kamerun nantinya, dan Serbia akan menghadapi Swiss di laga akhir grup G tersebut. Menarik untuk melihat kelanjutan Piala Dunia 2022 kali ini.