Film "Pulang" Garapan Remaja Desa Ini Mampu Mencuri Perhatian Milenial

KBRN, Semarang : Pada 1 April 2021, sonic linguistuic yaitu event tahunan yang diselenggarakan oleh MAN Insan Cendikia Serpong kembali menggelar perhelatan akbar pameran karya seni bertajuk short movie. Tak tanggung, pameran tersebut diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari siswa sekolah menengah atas (SMA) sampai masyarakat umum dari seluruh Indonesia. Pada periode tersebut, setidaknya terdapat 27 karya short movie terpilih yang dipamerkan melalui kanal youtube Short Movie Sonic Linguistic yang hingga saat ini sudah ditonton oleh 33 ribu orang lebih.

Salah satu film yang menjadi perhatian milenial adalah film yang disutradari oleh Adzka Muarif mahasiswa Institut Kesenian Jakarta LPKJ yaitu “PULANG” film yang bertemakan short term memory loss atau yang biasa dikenal syndrome yang dapat membuat seseorang lupa terhadap hal-hal yang sudah atau baru terjadi.

Film ini menceritakan seorang Dini dan Jaka, adik kakak yang tinggal di kampung tetapi karena terjadi sebuah insiden meninggalnya Jaka, Dini mulai mengalami gangguan short term memory loss. Film tersebut diperankan oleh dua aktor utama yaitu Nurjaya Mahasiswa Universitas Negeri Semarang sebagai Jaka dan Rizka Novita Mahasiswa Universitas Negeri Malang sebagai Dini.

Kolaborasi yang epic antara mahasiswa Institut Kesenian Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, UIN Bandung dan beberapa crew yang berasal dari MAN 4 Tangerang yang tergabung dalam "Genion Film" ini mampu menghipnotis penonton dengan alur yang sulit ditebak dan cerita yang sangat dalam bahkan beberapa penonton ikut tersentuh ketika menonton film tersebut.

Salah satu penonton, Fitriana Ugly mengapresiasi film tersebut. “Masyaallah, kren filmnya menginsipirasi dan reminder bgt untuk kita semua. Mengandung bawang ini film,“ katanya.

Penonton lainnya, Ridha Diningsih bahkan sempat menangis menyaksikan film tersebut. “Ikut nangis sumpahh,” ungkapnya.

Kesuksesan film tersebut  tentunya berkat ide-ide kreatif dari setiap crew dan pemeran yang mampu mendalami peran dalam film ini. Anisyah sebagai penulis skenario mengatakan, dalam proses menuangkan ide di film ini banyak diskusi dan perdebatan yang terjadi, namun itu semua untuk kesuksesan bersama dan menghasilkan karya yang luar biasa.

Pemeran utama dalam film, Nurjaya mengatakan, proses syuting film ini pun tidak mudah, banyak scence yang kami ulangi agar mendapatkan scene yang terbaik. "Bahkan kami para pemeran dan crew harus ketengah sawah ditengah teriknya matahari agar mendapatkan hasil yang maksimal,” ungkapnya.

Untuk itu, bagi kalian yang ingin melihat pameran tersebut silahkan kunjungi kanal youtube Short Movie Sonic Linguistic, atau langsung mengunjungi link berikut ini untuk menonton film “PULANG” https://www.youtube.com/watch?v=q4M32QtSK0A&t=11s .

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar