KPU Kabupaten Demak Gelar Rakor Bahas PDPB dan Pendidikan Pemilih

KBRN, Semarang : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) dengan stakeholder dalam rangka Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Periode Triwulan IV Tahun 2021. Rakor PDPB ini dihadiri oleh Polres Demak, Kodim 0716 Demak, Bawaslu Demak, Dindukcapil Demak, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Cabang Wilayah II, Pengadilan Agama, Rutan Demak, Bagian Pemerintahan Kabupaten Demak, SMA N 1 Demak serta perwakilan Pengurus  Partai Politik dari PDIP, PKB, PPP dan PAN.  

Sebelum rakor, dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara SMAN 1 Demak dengan KPU Kabupaten Demak terkait Pendidikan Pemilih dan PDPB. MoU ditandatangani Kepala SMAN 1 Demak, Agus Purwaka dan Ketua KPU Kabupaten Demak, Bambang Setya Budi.  

"MoU ini dapat terjalin kerja sama antara SMAN 1 Demak dengan KPU Kabupaten Demak dalam mensukseskan Pemilu 2024," kata Bambang Setya Budi. 

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi (Rendatin) KPU Kabupaten Demak, Nur Hidayah memberikan sosialisasi terkait Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. "Melalui sosialisasi ini, stakeholder dan pihak-pihak terkait juga mengetahui dan memahami kerangka hukum dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan," ungkapnya.  

Dari Laporan Kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Periode Triwulan IV Tahun 2021, KPU Kabupaten Demak mendapatkan beberapa masukan dari stakeholder dan masyarakat antara lain masukan dari Polres Demak terkait potensi pemilih baru sejumlah 9 orang yang dapat ditindaklanjuti sejumlah 8 orang karena 1 orang sudah tidak ada di DPT. 

Masukan dari Kodim 0716 terkait potensi pemilih baru sejumlah 34 orang yang dapat ditindaklanjuti sejumlah 23 orang karena 11 orang sudah ada di DPT. Serta masukan pemilih TMS sejumlah 260 orang yang dapat ditindaklanjuti sejumlah 1 orang karena 259 orang sudah tidak ada di DPT.

Ditambahkan pula, masukan dari Rutan Demak terkait pemilih TMS sejumlah 71 orang yang dapat ditindaklanjuti 71 orang. Sedangkan dari Relawan DPB terkait potensi pemilih baru sejumlah 85 orang yang dapat ditindaklanjuti 4 orang karena 81 orang sudah ada di DPT serta masukan pemilih TMS sejumlah 83 orang yang dapat ditindaklanjuti 81 orang karena 2 orang sudah tidak ada di DPT.

Dari Bawaslu Demak terkait pemilih TMS sejumlah 261 orang yang dapat ditindaklanjuti 56 orang karena terdapat kekurangan elemen data belum lengkap. Usulan dari Dindukcapil Demak terkait perbaikan data pemilih sejumlah 3.300 orang dan dapat ditindaklanjuti semua. Dari Kemenag Demak sejumlah 5.874 orang tetapi tidak bisa ditindaklanjuti semua karena elemen data yang diberikan kurang lengkap.

Dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II terkait pemilih baru sejumlah 4.004 orang dan ditindaklanjuti 694 orang karena identifikasi dari Dindukcapil 3.310 orang belum melakukan perekaman KTP-el. Dari Pemerintahan Desa/Kelurahan terkait pemilih TMS sejumlah 558 orang yang dapat ditindaklanjuti 520 orang karena 38 orang sudah tidak ada di DPT. 

Sementara itu, masukan dari masyarakat terkait pemilih TMS sejumlah 18 orang dan dapat ditindaklanjuti semua.  Di samping itu, KPU Kabupaten Demak juga melakukan pencermatan secara internal terkait Pemilih TMS sejumlah 1.670 orang dan perbaikan data pemilih sejumlah 1.908 orang.

Nur Hidayah menjelaskan, sebelum rapat koordinasi ini dilaksanakan KPU Kabupaten Demak telah melaksanakan Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Periode Bulan Desember 2021 melalui Rapat Pleno Internal dengan hasil sebagai berikut. Data Pemilih Berkelanjutan semula 853.709 dengan rincian jumlah pemilih laki-laki 426.717, jumlah perempuan 426.992 pada periode bulan Desember ini menjadi 853.609 dengan rincian jumlah pemilih laki-laki 426.657, jumlah pemilih perempuan 426.952, data tersebut tertuang dalam Berita Acara rapat pleno nomor: 33/PL.02.1/3321/2021.

Di akhir rapat koordinasi Ketua KPU Kabupaten Demak menyampaikan apresiasi yang tinggi disampaikan kepada pihak yang telah memberikan masukan pada Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.  Masukan dan tanggapan selalu dibutuhkan oleh KPU Kabupaten Demak, untuk itu kepada semua pihak baik stakeholder, pihak terkait, partai politik, dan masyarakat diharapkan, memberikan masukan dan tanggapan dengan cara datang langsung ke kantor KPU Kabupaten Demak Jl. Kyai Turmudzi No. 1 Demak atau melalui tautan http://bit.ly/FormulirDataBerkelanjutan.  

KPU Kabupaten Demak juga mengajak pihak terkait dan masyarakat untuk dapat melakukan pengecekan data pemilih ke website lindungihakmu.kpu.go.id (yang semula lindungihakpilihmu.kpu.go.id).  Pengecekan ini dimaksudkan agar menjelang pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan 2024 masyarakat Kabupaten Demak dapat memastikan dirinya sudah terdaftar dalam daftar pemilih.  KPU Kabupaten Demak berharap ada peran aktif masyarakat terhadap pendaftaran pemilih melalui pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.  Peran aktif ini menjadi salah satu indikator untuk peningkatan kualitas daftar pemilih pada Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024 yang akan datang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar