Ping Pong Demi Menunggu Sakti

Oleh : Sri Rahayu SS, Guru SMP Negeri 1 Jenar, Kabupaten Sragen

Menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pilihan kami untuk mengabdi pada negeri tercinta Indonesia. Dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sesuai dengan latar belakang kedisiplinan ilmu masing-masing. Pemerintah telah mengatur tentang kedisiplinan ASN dalam PP No 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kabupaten Sragen telah menerapkan Sistem Aplikasi Kehadiran Sukowati (Sakti) mulai bulan Maret Tahun 2022. Untuk dapat memantau kedisiplinan ASN, maka dibuatlah sistem presensi pegawai yang terintegrasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD). 

Sistem presensi Sakti ini dapat menampilkan informasi terkait jam kehadiran, jam pulang dan lokasi keberadaan pegawai saat melakukan presensi. Dengan adanya Sakti, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Sragen dapat mengetahui secara langsung rekap kehadiran pegawainya. Jam kerja untuk ibu bapak guru dimulai pukul 07.00 WIB s.d 14.00 WIB. Selama Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, durasi waktu belajar siswa dimulai dari pukul 07.00 WIB s.d 10.30 WIB. Setelah siswa-siswi pulang maka ibu bapak guru segera menyelesaikan tugas pokok dan tambahan sebagai tanggungjawab pekerjaannya. 

Namun adakalanya ibu bapak guru mulai jenuh jika setelah menyelesaikan tugasnya masih harus menunggu untuk absen pulang.  Akhirnya ada satu cara untuk menghilangkan kejenuhan tersebut yaitu dengan bermain Ping Pong atau Tenis Meja. Awalnya hanya ada satu dua guru yang iseng bermain Ping Pong. Tapi karena ada kehebohan yang tercipta selama permainan menjadikan kami yang berada di ruang guru dan tata usaha (TU) menjadi penasaran untuk bergabung. 

Teriakan kemenangan dan permintaan ulang permainan menjadi tawa ceria yang kompak di lingkungan SMPN 1 Jenar. Yel yel yang didengungkan oleh penonton menjadi semangat untuk kedua tim meraih kemenangan. Hore...Hore...ya satu kali lagi...menang!!!. Dan inilah yang kemudian menjadi jadwal rutin ibu bapak guru di sekolah kami setelah usai jam pembelajaran. Meskipun suasana siang hari yang panas, dengan kondisi fisik yang lelah tidak menyurutkan niat kami untuk berolahraga sambil menunggu jam pulang kerja. 

Uniknya ada saja ide untuk menyiapkan minuman dan makanan sembari melihat permainan Ping Pong. Makanan termurah dan favorit di sekolah kami adalah “penthol cilok dengan sambel kacang”. Yups, jajanan siswa yang juga disukai oleh ibu bapak guru di sekolah. Jika ada pepaya atau pisang yang siap dipanen dari kebun sekolah pun menjadi jamuan untuk pemain dan penonton. Kebersamaan inilah yang membuat kami tidak terasa dalam menunggu jam pulang kerja. Tetiba jam sudah menunjukkan pukul 13.50 WIB waktu persiapan untuk pulang.

Hal positif inilah yang menjadi perhatian Kepala Sekolah, sehingga beliaupun memberikan apresiasi kepada ibu bapak guru di SMPN 1 Jenar. Ucapan semangat bekerja dengan niat ibadah selalu beliau sampaikan kepada kami. Sehingga memotivasi ibu bapak guru dan karyawan di SMPN 1 Jenar agar tidak ada yang pulang sebelum waktunya (PSW) kecuali dinas luar (DL) atau ijin tidak masuk karena sakit atau cuti.  Kedisiplinan kami sebagai ASN dalam mematuhi tata tertib pegawai seperti yang tertuang dalam Panca Prasetya KORPRI. “Menegakkan kejujuran, keadilan dan disiplin serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme”. Salam sehat semua untuk ibu bapak guru dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar