Prof. Dr. Hj. Sri Suhanjati Syukri : Tujuan Hidup Manusia di Dunia

KBRN, Semarang : Permasalahan mendasar yang sering ditanyakan banyak orang yaitu apa tujuan manusia hidup di dunia ini? Karena Allah yang menciptakan manusia, maka kita perlu mencari tahu lewat firman-firmanNya yang termaktub dalam kitab suci Al-Qur’an. Dijelaskan dalam kitab suci umat Islam bahwa tujuan Allah menciptakan jin dan manusia adalah untuk menyembah, mengabdi dan beribadah kepadaNya. “Wa ma khalaqtul-jinna wal-insa illa liya’budun”. Demikian pengantar Prof. Dr. Hj. Sri Suhanjati Syukri dalam program Kultum RRI Semarang, Senin (13/7/2020).

Dalam Islam beribadah kepada Allah itu terdari atas 2 macam, yaitu :

1. Ibadah mahdhah, ibadah yang langsung ditujukan kepada Allah, bersifat vertikal.

2. Ibadah ghairu mahdhah, yaitu manusia yang dibekali akal oleh Allah diberikan kebebasan untuk menciptakan dan mengerjakan ibadah sesuai perkembangan, situasi dan kondisi yang dialami, di tempat mereka tinggal. Perbedaan tempat tinggal memungkinkan beragamannya kebudayaan. Demikian juga keinginan yang berbeda, tentu akan menjadikan berbeda pula bentuk ibadah yang dipilihnya. Ibadah ini bersifat horisontal.

“Manusia tidak bisa mengandalkan akalnya saja, tetapi harus disertai dengan petunjuk Allah dan tuntunan Rasulullah. Mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak   boleh dikerjakan untuk mencapai tujuan hidup telah diajarkan oleh Rasulullah. Karena itu, umat Islam sangat berbahagia dan  beruntung,” paparnya.

Dikemukakan lebih lanjut, sebagai pemeluk Islam sudah seharusnya belajar dan membaca Al-Qur’an, karena di dalamnya terdapat firman-firman Allah yang nyata dan jelas memberikan petunjuk kepada umat manusia agar selamat dunia sampai akhirat.

“Membaca Al-Qur’an secara harfiah saja sudah bagus,  apalagi ditambah arti dan tafsirnya, akan lebih sempurna,” imbuh Prof. Suhanjati Syukri.

Kepada pendengar RRI Semarang Guru Besar UIN Walisongo ini mengajak agar bisa hidup bahagia, tenang dan damai sesuai dengan petunjuk Allah maka supaya tidak meninggalkan petunjuk-petunjuk Allah yang ada dalam Al Qur’an. Dengan rajin membaca Al Qur’an akan memperoleh petunjuk yang dapat membawa kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. (RR/sj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00