Cegah Virus Corona dengan Bilas Hidung Pakai Air Garam

dr. Andriana, Sp.THT, MSi.Med (RSI Sultan Agung Semarang)
Siwi Jatmiko penyiar RRI Semarang

KBRN, Semarang : Media sosial ataupun grup chat menjadi salah satu tempat untuk berbagi informasi terkini mengenai virus corona atau COVID-19 yang tengah meresahkan pikiran banyak orang di dunia. Dikabarkan bahwa berkumur dan membilas hidung dengan air garam bisa mencegah virus corona masuk lebih dalam ke saluran pernapasan. Hal tersebut menjadi topik bahasan dalam dialog Seputar Kita RRI Semarang, Jum’at (26/6/2020).

Dikemukakan oleh dr. Andriana, Sp.THT dari RSI Sultan Agung Semarang bahwa indera pembauan (hidung) harus dijaga dan dirawat kebersihannya. Ikatan Dokter THT telah menggalakkan sosialisasi membilas hidung dengan air garam. Adapun garam yang digunakan bukan garam krosok melainkan cairan Natrium Klorida (NaCl).

"Bukan garam krosok yang digunakan untuk berkumur atau membilas air hidung tetapi cairan NaCl. Prinsipnya cairan ini akan menarik kotoran yang ada di dalam hidung,” jelas Andriana.

Sebuah studi yang melibatkan 66 pasien dengan infeksi hidung dan tenggorokan di Rumah Sakit Royal dan Rumah Sakit Umum Barat di Edinburgh menunjukkan hasil positif.

Dalam percobaan, dokter meminta 32 pasien mengirigasi hidung dan berkumur dengan air garam 12 kali dalam sehari. Sedangkan 34 pasien lainnya hanya melanjutkan perawatan rutinnya saja. Saat swab hidung dilakukan kembali, menemukan bahwa pengobatan dengan air garam bisa mengurangi durasi infeksi saluran pernapasan karena virus Corona, dalam waktu rata-rata dua setengah hari.

"Cara sederhana yakni dengan mencampur air mineral hangat dari dispencer dengan sedikit garam khusus pencuci hidung kemudian untuk berkumur dan atau membilas hidung. Bisa dilakukan setiap habis keluar dari rumah atau minimal 2 kali sehari,” lanjutnya.

Disamping itu kekebalan tubuh harus dijaga dengan makan makanan yang bergizi dan seimbang agar terhindar dari paparan virus corona. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mencuci tangan secara rutin pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak (physical distancing). (sj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00