Kelas Inspirasi RRI : Serunya Menjadi Seorang Jurnalis

KBRN, Semarang : Mengisi kegiatan belajar di rumah bagi para siswa sekolah di saat pandemi covid-19, membuat gagasan dan program siaran dirancang,terutama RRI Semarang menggelar acara yang bertajuk Belajar Di RRI – Kelas Inspirasi. Tujuannya, selain memberikan inspirasi kepada siswa untuk pilihan cita cita di masa depan, juga memperkenalkan berbagai macam profesi kepada siswa. Belajar di RRI – Kelas Inspirasi edisi Kamis (4/6/2020), mengangkat topik Serunya menjadi Seorang Jurnalis dengan narasumber Cicilia Sinabariba, seorang jurnalis TV swasta nasional.

Cicilia Sinabariba menceritakan bahwa cita-citanya menjadi jurnalis sudah muncul sejak duduk di bangku SMA. Untuk mewujudkan keinginannya tersebut, ia memilih Jurusan Komunikasi Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang guna melanjutkan studinya. Singkat cerita, setelah lulus dari perguruan tinggi, dia diterima sebagai seorang jurnalis di sebuah TV swasta nasional.

Menjawab antusias pendengar yang mengikuti acara Belajar Di RRI - Kelas Inspirasi RRI Semarang, tentang bekal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi sorang jurnalis, yakni memiliki  kemampuan menulis, kemampuan berbicara di depan publik dan berwawasan  luas. Dalam jurnalistik unsur 5W + H ditambah unsur-unsur yang lain harus tetap dipegang, untuk dapat menyajikan berita atau informasi yang valid dan akurat.

Peristiwa yang paling berkesan bagi Cicilia Sinabariba yakni secara mendadak ditugaskan mendampingi Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto untuk meliput WNI yang baru datang dari Wuhan China dan harus diobservasi di Pulau Natuna. Perasaan bangga dan berdebar-debar tidak bisa dipungkirinya, karena harus berhadapan dengan orang yang baru pulang dari daerah pandemi corona.

Acara yang dipandu presenter Feetra Julia ini cukup mendapat respon dari khalayak pendengar khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa, terbukti dengan banyaknya telpon, SMS dan WA  yang masuk. (sj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00