PMI Kendal Siagakan 60 Relawan Antisipasi Bencana

KBRN, Kendal : Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kendal aktif mengantisipasi dan penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Kendal. Apalagi di musim hujan, para relawan yang bertugas lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca selama musim hujan. Selama 24 jam di Markas PMI Kendal yang juga dijadikan Posko Penanggulangan Bencana, selalu ditugaskan staf dan sejumlah anggota Korps Sukarelawan (KSR).

Petugas yang dibagi menjadi tiga shift ini, selalu memantau kondisi cuaca, suhu, kelembaban udara, kecepatan angin, juga kondisi lalu lintas di jalan Pantura. Petugas jaga secara berkala melaporkan kondisi terkini.

Wakil Ketua 1 PMI Kabupaten Kendal, Dwi Cahyo Suryo mengatakan, PMI Kendal memiliki anggota Korps Sukarelawan sebanyak 60 relawan yang berjaga di Markas selama 24 jam. Mereka dibagi menjadi tiga shift yang selalu siaga. Di masing-masing kecamatan juga ada tim pengurus PMI tingkat kecamatan. PMI Kendal juga mempunyai tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) di 14 desa yang tersebar di 6 kecamatan. "Ada 60 lebih tim relawan atau KSR dan selalu siaga di Markas, suatu saat darurat, kita siap," katanya, Sabtu (22/01/2022).

Dwi Cahyo mengatakan, petugas juga siap melakukan pelayanan sosial dan ambulan 24 jam. PMI Kendal, selain membantu melakukan penanganan bencana, juga memberikan bantuan untuk warga yang terdampak bencana. "PMI Kendal juga memberikan bantuan, misalnya ada rumah roboh atau kebakaran yang besarnya sesuai kondisi," ujarnya.

Anggota KSR PMI Kabupaten Kendal, Muhammad Arif Novianto mengatakan, petugas selalu standby di Posko PMI selama 24 jam yang dibagi menjadi 3 shift. Dalam kondisi waspada, seperti ketika hujan lebat, petugas di Markas selalu siaga untuk meminta atau menerima laporan dari para relawan. Jika ada laporan kejadian bencana, maka petugas di Markas segera mendatangi lokasi untuk melakukan asesmen, kemudian melakukan penanganan. "Dari beberapa relawan sini kan ada yang di beberapa daerah, kita minta pantauan dari teman-teman, nanti jika ada laporan, langsung masuk ke Posko, setelah itu Posko asesmen," jelasnya.

PMI Kendal didukung peralatan yang cukup lengkap, mulai dari komputer, telepon, handphone, televisi, radio dan peralatan kesiapsiagaan bencana. Selain itu, ada 3 unit ambulans, 2 unit mobil operasional markas, 1 unit kendaraan operasional UDD, sepeda motor, mobil Pick Up dan 2 motor trail.

Kegiatan di Unit Donor Darah juga selama 24 jam siap melakukan pelayanan donor darah dan pelayanan kebutuhan darah. UDD juga selalu memantau stok darah untuk semua golongan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar