FOKUS: #PPKM MIKRO

Ribuan PKL dan Warung Terima Bantuan Tunai Rp 1,2 Juta

KBRN, Pekalongan : Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) dari pemerintah pusat mulai digulirkan kepada masyarakat yang berhak. Di Kota Pekalongan, bantuan senilai Rp 1,2 juta tersebut disalurkan pada tahap pertama.

Serah terima bantuan secara simbolis dari Dandim 0710/ Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan SIP kepada perwakilan penerima, berlangsung di Ruang Serbaguna Makodim 0710/Pekalongan, Selasa(12/10/2021). Dandim didampingi Sekretaris Daerah Kota Pekalongan Hj Sri Ruminingsih SE MSi dan jajaran Forkopimda lainnya. 

Hamonangan Lumban menyebutkan, kegiatan program BTPKLW ini menyasar para pedagang kaki lima dan warung yang ada di Kota maupun Kabupaten Pekalongan. Adapun untuk jumlah penerima di Kota Pekalongan sebanyak 1.600 orang, sedangkan untuk Kabupaten Pekalongan sebanyak 2.100 orang.

“Masing-masing penerima mendapatkan bantuan uang tunai dari program pemerintah sebesar Rp 1,2 juta,” tuturnya.

Menurut dia, untuk kriteria penerima bantuan ini adalah para pedagang kaki lima dan warung yang sangat terdampak perekonomiannya akibat adanya pandemi Covid-19 terutama pada saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) Darurat. Pihaknya berharap, bantuan ini dapat memulihkan perekonomian masyarakat selama pandemi Covid-19. 

“Mereka ini adalah orang-orang yang tidak mampu dan kesehariannya hanya bergantung pada penjualan sebagai Pedagang Kaki Lima dan Warung. Untuk sementara pemberian bantuan ini masih tahap pertama, mudah-mudahan bantuan ini dapat berjalan secara rutin sehingga dapat membantu meringankan beban mereka selama pandemi Covid-19 dan segera terwujudnya kehidupan yang normal kembali seperti sediakala,” tegasnya.

Sementara itu, Sri Ruminingsih menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada jajaran TNI Kodim 0710/Pekalongan yang sudah membantu menyalurkan bantuan tunai kepada para pedagang kaki lima dan pemilik warung yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Pekalongan.

“Harapannya bantuan tunai ini tentunya dapat memberikan stimulan kepada para penerima untuk bisa memulai kembali usahanya setelah sekian lama terdampak adanya PPKM dan bantuan ini bisa membawa berkah untuk semuanya baik pemerintah, TNI selaku penyalur dan para penerima bantuan tersebut,” ucap Sekda Ning,sapaan akrabnya.

Salah satu penerima program BTPKLW yang merupakan pedagang kerupuk asal Kuripan Kertoharjo,Kecamatan Pekalongan Selatan,Kota Pekalongan bernama Nur Rohmat mengaku bersyukur bisa menerima bantuan tunai sebesar Rp1,2 juta tersebut. Pihaknya mengungkapkan akan memanfaatkan bantuan ini sebagai modal tambahan usahanya ke depan. 

“Alhamdulillah,baru pertama kali ini Saya mendapatkan bantuan. Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas adanya bantuan tunai sebesar Rp1,2 juta yang Saya terima hari ini. Uang yang Saya terima ini Alhamdulillah bisa menambah modal usaha kerupuk Saya ke depannya,” pungkas Rohmat.(Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00