JK Ingin Jemaah Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid

KBRN, Semarang : Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) melakukan kunjungan ke Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Dalam kunjungannya, JK berpesan tentang memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

"Jangan sampai ada jemaah yang miskin, sementara masjid yang membina nampak megah," kata JK, Jumat (8/10/2021).

Ia mengemukakan, tiga kelompok yang memakmurkan masjid dapat pahala besar. Yaitu yang membangun, kemudian yang mengurus, mengelola atau membina. 

"Yang ketiga jemaah, ada yang membangun, ada yang mengurus kalau tidak ada jamaahnya tidak makmur," ucapnya.

Oleh karena itu, dia meminta agar ketiga kelompok itu dapat saling berimbang. Dia lantas menerangkan kemakmuran masjid dapat dari segi pembinaan keagamaan, pendidikan, sosial, ekonomi, dan sebagainya.

"Bagaimana memakmurkan baru bisa komplit. Maju masjidnya, maju juga jamaahnya," ujarnya.

JK menyebut tiga kelompok yang memakmurkan masjid dapat pahala besar. Pertama yang membangun, kemudian yang mengurus, mengelola atau membina.

"Yang ketiga jemaah. Ada yang membangun, ada yang mengurus kalau tidak ada jamaahnya tidak makmur," ucapnya.

Menurutnya, pertumbuhan masjid dan jumlah umat Islam selalu bertambah. Namun dikatakan, dari segi finansial umat Islam masih belum makmur.

"Dari sepuluh orang kaya, hanya satu yang muslim. "ni artinya kita masih perlu berjuang bersama-sama untuk memakmurkan," pintanya.

Sementara, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Jawa Tengah KH Achmad menyampaikan kemajuan DMI Jateng yang terus bergerak membentuk kepengurusan di tingkat daerah kabupaten/kota dan cabang kecamatan. 

"Ada daerah yang sudah sangat sibuk karena memberdayakan manajemen masjid yaitu di Karanganyar. Kalau di Pekalongan sudah bekerjasama dengan instansi lain," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00