Baznas Bantu 59 Anak Yatim yang Ayahnya Meninggal Terkena Covid-19

KBRN, Kendal : Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah bersama Baznas Kendal menyerahkan bantuan paket peralatan sekolah kepada 59 anak yatim di Kabupaten Kendal. Mereka itu orang tuanya meninggal dunia akibat Covid-19.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan di pendapa Tumenggung Bahurekso Kendal Senin (20/09/2021) dan dihadiri Bupati Kendal dan pengurus Baznas. 

Pengurus Baznas Kendal, Nunu Sarah Zaenubia menjelaskan, paket dari Baznas Jateng sebanyak 34 paket, sedangkan dari Baznas Kendal 25 paket. Per paket senilai Rp 140 ribu berisi roti, alat tulis dan peralatan sekolah. "Ini bantuan paket sekolah untuk anak-anak yatim yang bapaknya meninggal karena Covid-19, tapi dari keluarga tidak mampu," katanya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kendal, Asrifah mengatakan, bantuan tahap awal hanya untuk 59 anak yatim yang mendapatkan bantuan dari Baznas Provinsi. Berdasarkan penelusuran melalui Bidan Desa, tercatat ada 387 anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19. "Kriteria anak yang mendapat bantuan, khusus anak usia sekolah dari keluarga tidak mampu yang bapaknya meninggal dunia karena Covid-19," jelasnya. 

Asrifah mengatakan, kedepan akan mengupayakan kelanjutan anak-anak tersebut agar tetap bersekolah. Untuk itu pihaknya akan berkolaborasi dengan OPD dan lembaga terkait terkait  kelanjutan bantuan kepada anak-anak tersebut. "Nanti kami akan mencari terobosan untuk membantu kelanjutan supaya anak-anak tetap sekolah," katanya.

Warga Desa Purworejo Kecamatan Ringinarum Kendal, Zuliani Karimah berharap, kedua putrinya tetap bisa sekolah seperti anak-anak lainnya, walaupun ayahnya sudah meninggal dunia. Suaminya meninggal dunia karena Covid-19 tiga bulan lalu. "Yang besar ini sudah kelas 2 SMP di pondok," katanya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00