Quatly Abdulkadir Alkatiri Hadiri Penyerahan Remisi Umum Bagi Narapidana & Anak

Dewan hadiri

KBRN, Semarang : Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Quatly Abdulkadir Alkatiri menghadiri acara ‘Penyerahan Remisi Umum bagi Narapidana & Anak dalam rangka Hari Kemerdekaan RI’ di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Kedungpane Kota Semarang, Selasa (17/8/2022). Acara itu digelar serentak se-Indonesia secara virtual, yang diikuti semua kepala daerah dan pejabat Forkompinda.

Dalam sambutannya, A. Yuspahruddin selaku Kakanwil Kemenkum HAM Jateng mengatakan penerima remisi pada tahun ini 702 orang dan akan bebas langsung ada 4 orang. Dan, jumlah penghuni lapas di Jateng sebanyak 9.439 orang.

“Angka itu masih over kapasitas,” kata Yuspahruddin, yang dilanjut dengan pembacaan surat keputusan (SK) pemberian remisi umum bagi narapidana dan anak pidana pada 2022 oleh Kepala Seksi Registrasi Ahmad Saifudin. 

Kemudian, Gubernur Ganjar Pranowo menyerahkan SK remisi teraebut kepada narapidana dan anak pidana. Saat memberikan sambutan, Ganjar mengatakan selama pandemi penghuni lapas sudah mendapatkan tindakan pencegahan Covid-19 dengan vaksinasi.

“Bagi warga binaan lapas yang sudah mendapat ketrampilan, saat kembali kr masyarakat sudah mendapat pekerjaan yang baik pula,” kata gubernur, membacakan sambutan Menteri Hukum & HAM Yasonna H. Laoly. 

Usai acara, Quatly mengaku apresiatif atas upaya yang dilakukan Kanwil Kemenkum HAM terhadap warga binaan lapas. Karena, selama ini warga binaan tersebut sudah mendapat ketrampilan kerja agar bisa segera memperoleh pekerjaan di masyarakat.

“Kami (DPRD) sangat mendukung upaya itu agar warga binaan semua mendapat ketrampilan kerja,” kata Quatly. (Humas DPRD)

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar