Sleman Sosialisasikan Pilkada dan Pilkades Berbasis Baru

Sosialisasi Pilkada dan Pilkades berbasis AKB

KBRN,Sleman: Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan bersama Kementerian Dalam Negeri melakukan sosialisasi terkait Pemilihan Lurah dengan terbitnya Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 bertempat di Pendopo Parasamya, Kantor Setda Kabupaten Sleman.

Kegiatan Sosialisasi ini secara resmi dibuka oleh Bupati Sleman yang diwakili oleh Plt. Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Sleman, Joko Supriyatno.

Baca Juga : 6 Paslon di Jateng, Lawan Kotak Kosong

Kepala Balai Pemerintahan Desa Kemendagri di Yogyakarta, Effendi mengatakan bahwa proses demokrasi tahun ini baik pilkades serentak maupun pilkada serentak adalah pertama dalam bangsa Indonesia yang berada di tengah pandemi dan kedaruratan yang luar biasa.

Menurutnya dalam Permendagri tersebut terdapat substansi perubahan dan penambahan pasal antara lain pertama yaitu penguatan peran panitia pemilihan kabupaten dengan meningkatkan unsur forkominda dan satgas penanganan covid-19 Kabupaten.

Kedua, dalam kondisi bencana non-alam Covid-19, bupati membentuk sub-kepanitiaan yang terdiri dari unsur forum koordinasi kecamatan, satgas penanganan covid-19 tingkat kecamatan dan unsur terkait lainnya.

Baca Juga : Kebumen, Polisi Temukan Warga Tak Bermasker

 “Bapak Presiden Jokowi berharap untuk kita bersama-sama membuat tinta emas dalam sejarah demokrasi di Indonesia, baik pilkades maupun pilkada dapat menjadi momentum terbaik, kususnya dalam adaptasi kebiasaan baru pada sektor politik demokrasi pemerintahan dari level pusat sampai level desa,” katanya.

Selanjutnya : Pengantar

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00