Bawaslu Awasi Pelaksanaan Vermin Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

KBRN, Pati : Verifikasi administrasi (vermin) keanggotaan parpol calon peserta Pemilu 2024, mendapat pengawasan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati.  

Bawaslu dalam pengawasanya akan fokus terhadap verifikasi administrasi keanggotaan parpol yang sedang dilakukan KPU Kabupaten Pati. Mulai dari usia, status pekerjaan, dan kegandaan anggota parpol.

Diwawancara radio PAS Pati di sela-sela pengawasannya, Kamis (18/8/2022), Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Pati Suyatno mengatakan, pengawasan yang dilakukannya mulai dari verifikasi administrasi (vermin) hingga perbaikan hasil verifikasi. “Strategi pengawasan kita, kita melakukan pengawasan langsung dan melekat terhadap kerja-kerja yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Pati,” katanya.

Pengawasan itu, kata Suyatno, agar KPU melaksanakan kewenangannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Terutama UU RI Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, peserta Pemilu untuk pemilihan umum anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten / Kota, serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR dan DPRD.

“Kami juga harus memastikan, bahwa parpol calon peserta pemilu yang ada di Kabupaten Pati itu dilayani sebaik-baiknya oleh KPU. Mereka bisa dibantu apabila ada kesulitan, mereka bisa bertanya kepada KPU apabila ada permasalahan dan kami memastikan hak dan kewenangan warga negara betul-betul dilindungi oleh KPU,” katanya.

Dalam pengawasan selama berlangsungnya verifikasi administrasi parpol calon peserta pemilu ini, Bawaslu akan mengintensifkan komunikasi bersama KPU Kabupaten Pati.(Agus Pambudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar