Polres Magelang Tangkap Pencuri 16 Tabung Oksigen RSUD Muntilan

 KBRN, Magelang : Satreskrim Polres Magelang menangkap MS (50) warga Kecamatan Tugu, Kota Semarang yang merupakan pencuri 16 tabung oksigen milik RSUD Muntilan, Kabupaten Magelang. 

“Tersangka ditangkap polisi di rumahnya pada 17 November 2021 di rumahnya yang ada di wilayah Kecamatan Tugu, Kota Semarang,” kata Kapolres Magelang, AKBP M Sajarod Zakun kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).

Sajarod mengatakan, peristiwa pencurian yang dilakukan tersangka tersebut terjadi pada Minggu 14 November 2021 sekitar pukul 23.30 WIB. Sedangkan,pihak RSUD Muntilan melaporkan kejadian  tersebut pada 16 November 2021.

Menurutnya, setelah mendapatkan laporan tersebut, tim Resmob Polres Magelang melakukan penyelidikan dan mengindentifikasi pelaku.

“Dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, petugas mengindentifikasi pelakunya mengarah kepada  MS yang tidak lain merupakan sopir salah satu perusahaan penyedia oksigen bagi RSUD Muntilan,” katanya.

Ia menambahkan,  dalam menjalankan aksinya tersangka seorang diri  saat datang ke RSUD Muntilan yang ada di Jalan Kartini Muntilan dengan menggunakan mobil bak terbuka berwarna hitam dan bernopol H8189 FQ.

Menurutnya, tersangka dalam menjalankan aksinya seorang diri dan dengan leluasa mengambil 16 tabung oksigen ukuran besar, setelah mengaku kepada tukang parkir rumah sakit tersebut diminta oleh pihak rumah sakit untuk mengecek ketersediaan oksigen.

“Tersangka memindahkan ke-16 tabung oksigen tersebut sendirian, karena lokasi parkir dekat dengan tempat penyimpanan tabung oksigen,”kata Sajarod.

Ia menambahkan, sehari sebelum melaksanakan aksinya, tersangka  juga datang ke RSUD Muntilan  untuk mengetahui kondisi sekitarnya. Lalu, timbullah niat tersangka untuk melancarkan aksinya.

Setelah berhasil membawa kabur 16 buah tabung gas oksigen tersebut, tersangka menjualnya ke salah satu toko penyedia alat kesehatan di Kota Semarang. Adapun harga yang dipatok oleh tersangka ke toko tersebut yakni  sebesar Rp11.200.000 atau Rp700 ribu per tabungnya.

“ Untuk mengelabui pembelinya, tersangka mengaku mendapatkan tabung oksigen berasal dari pabrik oksigen yang bangkrut di daerah Yogyakarta," tuturnya.

Sajarod menambahkan, dari harga Rp 11.200.000 tersebut, pemilik toko kesehatan tersebut baru membayarnya sebesar Rp 9.000.000.

Menurutnya, setelah mendapatkan laporan tersebut, tim Resmob Polres Magelang melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku di rumahnya yang ada di Kecamatan Tugu, Kota Semarang, kurang dari 24 jam setelah laporan tersebut diterima. Dyas

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar