Beli Psikotropika Online, WNA Ditangkap Petugas Polres Magelang

KBRN, Magelang : Satuan Narkoba Polres Magelang menangkap seorang warga negara asing (WNA) berinisial RWSS yang selama ini tinggal di Dusun Sidomulyo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. RWSS ditangkap petugas karena diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan psikotropika.

“Penangkapan terhadap warga negara Inggris tersebut bermula adanya informasi dari masyarakat Dusun Sidomulyo  adanya paket yang mencurigakan tiba di dusun tersebut pada 26 November lalu, “ kata Kapolres Magelang AKBP Sajarod Zakun kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).

Sajarod mengatakan, setelah adanya informasi tersebut petugas melakukan penyelidikan dan penggeledahan terhadap RWSS.

Menurutnya, dari penggeledahan tersebut petugas menemukan dari hasil penggeledahan anggotanya menemukan sebuah paket dalam kardus dan berisi berbagai macam  obat-obatan yang masuk dalam kategori psikotropika.

Yakni, sembilan lembar Mersi Valdimex 5 Diazepam 5 miligram yang setiap lembar berisi 10 butir, empat lembar Riklona 2 Clonazepam dua milligram masing-maisng berisi 10 butir.

Ia menambahkan, dalam pengakuannya,  tersangka mendapatkan psikotropika dibeli secara online dari sebuah akun yang bernama “haruminada”.

Selain itu tersangka mengaku menggunakan obat-obatan tersebut untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya, yakni mengidap depresi, insomania dan paranoid.

“Tersangka juga mengaku tidak mengetahui hukum yang berlaku di Indonesia, yakni membeli psikotropika  harus menggunakan  resep dokter atau izin pihak yang berwenang,” katanya.

Atas perbuatannya tersebut, tersangka yang mempunyai istri orang Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang tersebut terancam hukuman  maksimal lima tahun penjara dan denda maksimal Rp 100 juta.

Tersangka yang dihadirkan pada konperensi pers tersebut enggan menjawab pertanyaan para wartawan dan memilih jawaban “no comment”. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar