Polda Jateng Bekuk 5 Komplotan Spesialis Pencuri Brangkas Kantor

KBRN, Semarang : Sebanyak 5 kawanan spesialis pembobol brangkas perkantoran dibekuk oleh tim Subdit 3 Jatanras Polda Jateng. Pelaku yang telah beraksi sejak tahun 2020 itu berhasil mengasak uang senilai hingga Rp 1,2 miliar lebih.

Total terdapat 10 pelaku pencurian dengan pemberatan ini, lima di antaranya masih buron. Kelima pelaku yang tertangkap masing-masing berinisial SA, MA, AS, DRT, S dan IM. Sementara, 5 pelaku lain yang buron berinisial IW Makasar, BG Bekasi, AN Ngawi, MD Jakarta dan HN Bekasi.

“MAT Yang berperan mengambil uang di brangkas, saudara AST yang berperan masuk kantor mengambil brangkas, DR berperan menemani dan saudara S yang mengawasi dan mendapat bagian Rp10 juta,” papar Direskrimum Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Djuhandani Rahardjo saat konfrensi Pers di Mapolda Jateng, Jumat (26/11/2021).

Modus yang dilakukan, katanya, pelaku mencari kantor yang memiliki brangkas namun minim pengamanan.

“Jadi target target sudah digambar oleh mereka terlebih dahulu, beraksinya malam hari,” ujarnya.

Turut diamankan barang bukti berupa 3 obeng, 1 unit mobil Daihatsu Xenia dan uang tunai senilai Rp 58 juta.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menambahkan, dalam kurun waktu 2020 hingga saat ini, pelaku telah melakukan perbuatan pencurian dengan pemberatan di 4 TKP. Ke-4 TKP tersebut adalah Kantor PT CJ Cheiljedang Surodadi Kabupaten Batang, Kantor PT Green Fashion Kabupaten Semarang, Kantor NPC Ngadirejo Wonogiri dan Kantor PTPN IX Kebun Merbuh Kab. Kendal.

“TKP di Wonogiri, Kendal, Batang, Kab Semarang, tapi tidak menutup kemungkinan ada TKP lain ini masih pendalaman," ujarnya

Atas perbuatanya pelaku dikenakan pasal 363 Ayat 1 ke 4 dan 5 KUHPidana hukuman penjara selama-lamanya 7 tahun penjara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar