Beraksi di 13 Lokasi, Sindikat Pencurian Toko Diringkus

KBRN, Semarang : Aparat Direktorat Reskrimum Polda Jawa Tengah menangkap sindikat pencurian toko, yang telah beraksi di 13 lokasi, dengan sasaran minimarket. Polisi juga melepaskan tembakan ke kaki para tersangka, karena mencoba kabur saat dilakukan penangkapan.

Direktur Reskrimum Polda Jateng Kombes Pol Djuhandani Rahardjo Puro mengatakan, sindikat pencurian toko itu terdiri dari tiga orang, yakni HS dan SD warga Kabupaten Magelang serta BS asal Batang.

"Ketiga tersangka ini telah beraksi di 13 lokasi, di antaranya di wilayah Kabupaten Banyumas dan Purbalingga serta Kabupaten Semarang. Dari 13 toko yang dijarah itu, para tersangka berhasil membawa kabur uang sebanyak Rp 612 juta," katanya saat melakukan gelar ungkap kasus di Mapolda.

Selain mengambil uang yang tersimpan didalam brangkas toko, para tersangka juga menggasak sejumlah barang dagangan seperti rokok dan juga komputer.

“Dari pelaku-pelaku ini motifnya ekonomi, dan sasarannya dilakukan antara jam 2.00 sampai 5.00 WIB. Sasarannya adalah toko-toko seperti Alfamart, Indomaret dan toko-toko kelontong lainnya,” kata Djuhandani.

Selain menangkap ketiga tersangka, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti seperti linggis besi, mobil milik tersangka, dan brangkas.

“Saat ini, kita masih mengejar satu pelaku yang buron berinisial SL. Untuk tersangka yang tertangkap, kita jerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara,” pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00