Bupati Banyumas Tinjau Lokasi Tanah Bergerak Semaya

KBRN, Banyumas : Bupati Banyumas Achmad Husein meninjau enam rumah di RT06/RW06 Dusun Semaya, Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas yang terdampak bencana tanah bergerak. Keenam rumah itu sudah retak-retak dan kondisinya rusak berat, sehingga para penghuninya diminta mengungsi ke tempat tinggal sanak saudaranya. 

Demi keselamatan para penghuni, permintaan itu disampaikan bupati secara langsung saat meninjau lokasi bencana tanah bergerak. Husein sapaan akrab bupati juga meminta jajarannya segera merelokasi keenam rumah tersebut. Selanjutnya, Badan Geologi diminta melakukan kajian secara menyeluruh penyebab pergerakan tanah.  

“Ini sudah dlihat, nanti ada ahli geologi yang memberi rekomendasi kepada kami. Karena relokasi butuh anggaran besar, jadi harus ada dasarnya,” katanya. Di sisi lain, Kepala Desa Sunyalangu Tolhah Mansur, mengatakan Pemerintah Desa tidak memiliki tanah yang bisa digunakan tempat relokasi. Warga yang terdampak bencana pergerakan tanah itu hanya memiliki lahan yang saat ini ditempatinya. 

Pihaknya mengaku akan kordinasi dengan Pemkab Banyumas, untuk penyediaan tempat relokasi. Usulan relokasi itu disambut baik, demi keselamatan warga di lokasi rawan bencana pergerakan tanah. “Agak bingung kalau Pemerintah Desa menyiapkan tanah, sementara warga yang harus direlokasi tidak punya tanah,” tandasnya.

Dari data yang ada saat ini, ada enam rumah yang mengalami kerusakan. Belasan rumah lainnya juga terancam pergerakan tanah. Akibat bencana tersebut, timbul lubang dengan kedalaman sekitar dua meter, dengan panjangnya sekitar 100 meter. Padahal, diatas lubang ini, terdapat pemukiman warga. (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00