Pergerakan Tanah Semaya, 10 Rumah Akan Direlokasi

Lubang di ruang tamu warga Dusun Semaya, akibat pergerakan tanah

KBRN, Banyumas : Pemkab Banyumas akan merelokasi sebanyak 10 rumah yang terdampak bencana pergerakan tanah di Dusun Semaya, Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas. Hasil pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas serta Pemerintah Desa Sunyalangu, 10 rumah itu paling terdampak bencana tanah bergerak. 

Sebagian di antaranya sudah mengalami kerusakan serta membahayakan keselamatan penghuni. Kepala BPBD Banyumas Titi Puji Astuti meminta Badan Geologi di Bandung untuk mengkaji kondisi tanah Dusun Semaya. Ahli geologi itu perlu dilibatkan penanganan bencana pergerakan tanah secara menyeluruh yang sudah terjadi sejak satu bulan terakhir.

“ Penanganan pertama kita paling relokasi, dari data Pak Kades dan tim survai kami yang segera kita relokasi ada 10 rumah. Nah yang lainya, nunggu tim survai tim Geologi Bandung,” kata ditemui RRI, Selasa ( 5/1/2021) siang. Penanganan bencana pergerakan tanah ini memerlukan dana besar. Selain itu juga melibatkan Kementerian PUPR terkait kewenangan Sungai Logawa.

Sebab, dugaan awal penyebab pergerakan tanah itu akibat tanggul Sungai Logawa longsor atau rusak akibat banjir bandang. Di sisi lain, Ketua RT6/ RW6 Dusun Semaya, Yani Kartika Wati mengatakan, akibat bencana pergerakan tanah, ada lima rumah yang mengalami kerusakan. Selain itu ada belasan rumah lainya, yang ikut terancam. Kondisinya rumah yang terdampak pergerakan tanah semakin rusak, terutama sejak Januari 2021. 

Oleh sebab itu, warga meminta agar penanganan bencana segera dilakukan secara permanen, agar tidak terjadi korban ataupun rumah yang mengalami kerusakan. “Fenomena tanah bergerak itu dari bulan Desember, masih tanah jemblos amblas seperti itu. Akhir- akhir ini setelah hujan deras, beberapa rumah masih retak- retak,” jelasnya. 

Pergerakan tanah ini berada pada sisi luar RT6/ RW6 Dusun Seyama, atau berada diatas tebing Sungai Logawa. Terlihat tanah amblas hingga kedalaman sekitar 1,5 meter, dengan panjang 100 meter. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00