Gunung Merapi Meningkat, Warga Dusun Babadan Siap Ngungsi

KBRN, Magelang: Sebanyak 286 warga Dusun Babadan1, Desa Paten , Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang  yang meninggalkan pengungsian sejak 14 Desember lalu,siap kembali mengungsi.

Mereka kembali akan kembali  Tempat Evakuasi Akhir ( TEA) Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, menyusul meningkatnya kembali aktivitas vulkanik Gunung Merapi di awal tahun ini.

“Mereka yang akan kembali ke pengungsian  Balai Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, merupakan kelompok rentan yakni para lansia, anak-anak, ibu hamil dan penyandang disabititas,” kata Kepala Desa Paten, Sutarno, Senin (4/1/2021).

Sutarno mengatakan,  ke- 286 warga  tersebut  berasal dari tujuh Rukun Tetangga (RT) yang ada di dusun yang berjarak sekitar 4,5 kilomerter dari puncak Merapi.

Menurutnya,  keputusan untuk kembali ke pengungsian tersebut, setelah pihaknya mendapatkan  sosialisasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

“Dari sosialisasi dari BPPTKG tersebut menyatakan, saat ini aktivitas vulknanik  Gunung Merapi  terus mengalami peningkatan dan kami mematuhi anjuran tersebut,” katanya.

 

Selanjutnya : Pengantar

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00