Jalan Penghubung Ajibarang- Purwojati Banyumas Ambles

KBRN, Banyumas : Jalan penghubung antarkecamatan Ajibarang dan Purwojati, Kabupaten Banyumas ambles dan longsor. Peristiwa ini terjadi Sabtu (2/1/2021) petang, yang didahuli dengan hujan deras di wilayah tersebut. 

Lokasi jalan yang lonsor berada di Desa Sawagan, Kecamatan Ajibarang, dengan tingkat gerusan mencapai 90 persen. Dari empat meter badan jalan, hanya menyisakan 50 cm jalan yang belum amblas. Akibatnya, jalan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, itupun harus ekstra hati- hati. 

Salah satu perangkat Desa Sawangan, Nadan mengatakan, kondisi jalan sudah amblas sejak satu bulan lalu. Kerusakan jalan itu belum separah yang terjadi kali ini, karena kendaraan roda dua dan empat masih bisa melintasi jalur tersebut. Namun, setelah hujan deras Sabtu lalu, hampir seluruh badan jalan amblas dan longsor, sehingga hanya motor saja yang bisa lewat. 

"Jalan yang longsor, juga berdampak tersendatnya aliran air milik PDAM yang menuju ke Purwojati," kata Nadan. Warga Sawangan, Kasno mengatakan, pipa PDAM yang berada di tepi jalan penghubung antarkecamatan itu juga mengalami kerusakan. Akibatnya, jalannya longsor, bahkan pipa PDAM inipun terlihat mengantung.

Sehingga aliran air mati, untuk itu dirinya terpaksa memenuhi kebutuhan air bersih dari sumber air yang berada di sekitar rumahnya. "Airnya juga mati, saya terpaksa mencari air disekitar rumah. Ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih," katanya. Pantuan RRI Minggu ( 3/1/2021), jalan yang longsor sepanjang kurang lebih 15 meter. Sedangkan di bawah jalan yang longsor, terdapat puluhan pemukiman. Sehingga membahayakan rumah warga tersebut. ( RA).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00