Jragung Banjir, Puluhan Rumah Terendam

KBRN, Demak : Cuaca ekstrem yang ditandai dengan curah hujan tinggi pada beberapa hari terakhir, mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak.

Hujan lebat yang terjadi Senin (6/12/2021), mengakibatkan meluapnya air sungai dan merendam perumahan warga setinggi 70 cm di Dukuh Krajan Nglegok RT1 /RW9 Desa Jragung, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak.

Demi keselamatan, beberapa warga pun mengungsi ke rumah kerabat maupun keluarga, sementara beberapa warga masih bertahan sambil menunggu surutnya air.

Banjir yang merendam rumah warga tersebut, menarik empati berbagai pihak.  Jajaran Koramil 13/Karangawen  melalui Serka Masrokin  bergerak cepat dengan terjun langsung ke wilayah binaan masing-masing untuk membantu warga yang terkena musibah. "Masih  terus memantau perkembangan situasi untuk mengantisipasi banjir susulan," katanya.

Masrokin mengatakan, sampai saat ini tidak ada laporan mengenai korban jiwa. Sedangkan, untuk kerugian materiil masih dalam proses pendataan. 

Sementara itu,  Dandim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo telah memerintahkan para Danramil beserta Babinsa Jajaran Kodim 0716/Demak untuk selalu siaga dan waspada terhadap terjadinya bencana alam.

Dalam upaya tanggap bencana, kata dia, para Babinsa untuk selalu melakukan monitoring desa binaan masing-masing.  Tak lupa, senantiasa melaporkan setiap perkembangan situasi terkait potensi bencana. 

“Seluruh anggota terutama Babinsa, saya perintahkan untuk tetap monitor wilayah terkait tingginya curah hujan yang bisa menimbulkan bencana alam. Dalam tugas dilapangan tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan dalam membantu masyarakat," jelasnya.

Dandim juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Demak untuk selalu waspada terhadap terjadinya bencana alam akibat cuaca yang terjadi saat ini.

Masyarakat diminta agar segera melapor kepada Babinsa maupun aparat terkait lainnya apabila di wilayahnya terjadi bencana maupun melihat indikasi terjadinya bencana alam tersebut," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar