Longsor Desa Tipar Kidul, Dua Rumah Rusak

KBRN, Banyumas : Sedikitnya dua rumah dan belasan rumah lainya, terdampak tanah longsor Rabu (30/6/2021) petang yang terjadi di Dusun Serang Kidul, Desa Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 

Dua rumah yang mengalami kerusakan adalah milik Sanmidi warga RT2/ RW11 dan Diswan warga RT1/ RW11 Desa Tipar Kidul.

 Anak korban Sanmidi, Mariyah mengatakan, sebelum peristiswa longsor, terjadi hujan deras pada Rabu siang hingga malam. Sekitar pukul 15.30 WIB, rumah orang tua taludnya longsor. 

Kemudian, material tanah longsor dengan panjang sekitar 20 meter, tinggi 15 meter menimpa jalan, dan depan rumahnya. Rumah korban berada diatas bukit, tepat didepan rumahnya. 

Beruntung sebelum terjadi tanah longsor, Sanmidi sudah diungsikan ke rumah Mariyah.

“Hujan deras banget mulai sekitar jam 15.30 WIB, kemudian talud dan bagian rumah ayah saya longsor. Ini belum dilakukan perbersihan matrial longsor, mungkin masih ada proses apa,” kata Mariyah. 

Sementara itu, warga lainya Bernama Rofingi mengatakan, selain menyebabkan rumah Sandmidi rusak, longsor juga menutup akses bagi sekitar 10 rumah tetangga korban serta satu RT lainnya di Dusun Serang Kidul. 

Mengenai kejadian yang menimpa rumah Diswan, ini menyebabkan satu rumah terancam tanah longsor. Dengan total nilai kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

“Longsor ini sebenarnya harus segera ditangani, akibat akses jalan bagi rumah dibelakang Sanmidi tidak bisa lewat,” kata Rofingi, Kamis (1/7/2021). 

Selain peristiwa tanah longsor di Banyumas, akibat hujan deras yang terjadi semalam juga dilaporkan sejumlah rumah terendam banjir dan juga tertimpa pohon tumbang. 

Seperti di Kecamatan Sumpiuh, Kebasen  dan Kemranjen, puluha rumah terendam banjir akibat meluapnya sejumlah sungai di wilayah tersebut. 

Selain itu dua rumah dilaporkan tertimpa pohon tumbang di wilayah Kecamatan Kedungbanteng. (RA) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00