Piala Walikota Solo Tetap Bergulir, Gibran Sebut Izin Kapolda Sudah Turun

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menjawab pertanyaan wartawan.

KBRN Surakarta: Lonjakan kasus COVID-19 di Jawa Tengah (Jateng) tidak mempengaruhi turnamen pra musim Piala Walikota Solo 2021. Turnamen yang melibatkan 8 klub baik dari liga 1 maupun 2 itu tetap digelar sesuai jadwal yang sudah ditetapkan 29 Juni - 4 Juli 2021 di Stadion Manahan. 

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan lonjakan kasus tidak akan berdampak pada gelaran turnamen Piala Wali Kota Solo 2021. Walikota Gibran menyebut, turnamen akan sesuai jadwal karena panitia sudah mendapatkan Izin.

"Piala wali kota sudah pasti (bergulir), izinnya sudah keluar kok dari pak Kapolda," kata Gibran Rakabuming kepada wartawan di Balaikota, Sabtu (26/6/2021). 

Untuk pelaksanaannya, Gibran menjelaskan, akan menerapkan standar operasional prosedur (SOP) seperti saat gelaran Piala Menpora 2021. 

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menambahkan, dirinya sudah mengkondisikan para suporter agar jangan sampai datang ke lapangan untuk menyaksikan pertandingan.

Di kawasan stadion Manahan akan dijaga ketat oleh petugas gabungan dari TNI dan Polri yang akan menghalau jika ada suporter atau warga yang hendak ke Stadion Manahan untuk menyaksikan pertandingan.

"SOP-nya sama dengan gelaran Piala Menpora, tidak ada penonton, tidak ada suporter semua menonton dari rumah. Suporter sudah saya kondisikan agar menonton di rumah saja. Untuk pengamanan sama seperti Piala Menpora kemarin," jelas dia.

Terkait dengan kedatangan pemain dari wilayah yang masuk zona merah, Gibran menyampaikan, semuanya akan dikondisikan oleh panitia pelaksana. Mulai dari pelaksanaan swab kepada pemain maupun official. 

Gibran optimis gelaran yang akan berlangsung selama lima hari ini akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang direncanakan. 

"Sudah dikondisikan sama panitia, sebelum ke sini swab, sampai sini swab, hotel sudah disiapkan. Cuma lima hari gelarannya, saya sudah komunikasi dengan pak Ganjar dan suratnya juga sudah ada. Moga-moga lancar," tandasnya.

Adapun peserta Piala Wali Kota Solo adalah wakil dari Liga 1 Persib Bandung, Arema FC, Bhayangkara FC, dan Bali United. Kemudian, terdapat klub-klub dari Liga 2, yakni RANS Cilegon FC, Ahha PS Pati FC, Persis Solo (tuan rumah), dilengkapi Sriwijaya yang baru bergabung. 

Seluruh laga Piala Wali Kota Solo akan dihelat di Stadion Manahan dengan menggunakan format knockout atau sistem gugur. 

Sementara itu, terkait dengan pengamanan yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian, Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak mengaku sudah siap. Namun enggan memberikan penjelasan jumlah personel yang dilibatkan. "Sudahlah nanti, kan belum dimulai (pertandingan Piala Wali Kota Solo)," ucapnya singkat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00